Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart

Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart – Lulus sekolah atau kuliah bukan berarti telah selesai semua tanggung jawab, justru saat-saat itulah yang merupakan awal dari kehidupan sebenarnya. Semua orang pasti memiliki impian untuk sukses, dan sebuah kesuksesan bisa diraih dari karir yang dijalani.

Membangun sebuah karir bisa dimulai dari pengalaman bekerja, seperti di Alfamart yang akan memberikan Anda jaminan karir jika rajin dan tekun dalam bekerja oleh karena itu artikel kali ini akan membahas tentang contoh surat lamaran kerja di Alfamart yang bisa menarik pihak HRD untuk memanggil Anda.

Mendapatkan sebuah pekerjaan bisa dikatakan sangat sulit bahkan tercatat dari jutaan sarjana masih terdapat ribuan orang yang belum mendapatkan pekerjaan.

Sulitnya mendapatkan pekerjaan bisa disebabkan oleh kriteria yang dicari tidak sesuai, hasil interview yang tidak memuaskan, berkas lamaran yang kurang lengkap, atau bahkan buruknya kualitas surat lamaran sehingga membuat kepala HRD merasa enggan untuk memanggil pelamar kerja.

Terlebih lagi jika Anda berniat untuk melamar kerja di Alfamart yang merupakan perusahaan besar dengan perekrutan karyawan yang hampir dilakukan setiap bulan, di perusahaan ini  banyak sekali saingan pelamar kerja, sehingga Anda perlu tahu contoh surat lamaran kerja di Alfamart yang baik agar surat yang Anda buat bisa menarik pihak perusahaan untuk menerima Anda.

Nah, bagaimana trik dan tips membuat surat lamaran menjadi lebih menarik? Berikut bisa Anda simak ulasannya.

Pengertian Surat Lamaran dan Bagian-Bagian Penting Surat

Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart
contohsuratresmi.org

Sebelum membuat surat lamaran perlu Anda ketahui apa itu surat lamaran. Surat lamaran kerja merupakan sebuah surat permohonan dari seseorang dimana surat tersebut ditujukan kepada kepala perusahaan atau orang yang sedang membutuhkan karyawan untuk menjalankan bisnis maupun usahanya.

Surat lamaran kerja juga bisa dikatakan sebagai permohonan tertulis dari calon karyawan atau karyawati kepada calon majikan agar bisa diterima bekerja sebagai bawahannya.

Pada umumnya surat lamaran kerja bersifat resmi atau formal sehingga dalam membuatnya juga sebaiknya menggunakan kata baku dan kalimat yang serapi mungkin.

Membuat surat lamaran dengan sebaik mungkin bertujuan agar orang yang membaca merasa yakin untuk menerima Anda sebagai karyawan, sebagai contoh surat lamaran kerja di Alfamart yang baik bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memanggil Anda ke sesi interview.

Karena sifatnya resmi, maka surat lamaran kerja harus memiliki struktur lengkap berikut ini:

  1. Tempat serta tanggal pembuatan surat lamaran
  2. Lampiran
  3. Perihal tentang tujuan surat
  4. Alamat tujuan surat
  5. Salam pembuka
  6. Isi surat
  7. Salam penutup
  8. Tanda tangan beserta nama terang pengirim.
  Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Visa

Isi surat lamaran kerja terdiri dari unsur-unsur pokok yang harus tersusun sesuai urutan, yaitu:

  1. Paragraf pembuka
  2. Isi surat
  3. Paragraf penutup.

Syarat serta Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

syarat lamaran kerja di alfamart
marketingdonut.co.uk

Pada contoh surat lamaran pekerjaan di Alfamart yang benar, Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa dalam membuat surat lamaran kerja harus memperhatikan syarat-syarat sebagai berikut.

  1. Surat lamaran kerja dibuat dengan menggunakan tulisan tangan yang rapi dan mudah dibaca.
  2. Harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik sesuai ejaan yang disempurnakan.
  3. Pemilihan kata dalam surat lamaran menggunakan kata-kata yang halus dan sopan.
  4. Isi surat lamaran harus menyertakan identitas lengkap pelamar kerja, riwayat pendidikan yang telah ditempuh, tujuan pelamar mengirim surat, serta lampiran berkas yang menjadi persyaratan wajib melamar kerja.

Keempat bagian surat di atas harus ada sebab hal itu merupakan formalitas sebuah surat lamaran. Sebaiknya dalam membuat surat lamaran Anda harus hati-hati dan teliti agar apa yang menjadi tujuan Anda tersampaikan dengan jelas lewat tulisan Anda. Adapun tips agar berkas lamaran Anda terlihat menarik ada di bawah ini:

  1. Memperhatikan kebersihan serta kerapian dalam menulis dan membungkus surat ke dalam amplop agar berkas lamaran yang Anda kirim memiliki nilai lebih bagi perusahaan yang dituju.
  2. Penulisan identitas diri harus lengkap dan jelas supaya nantinya perusahaan bisa memberikan pertimbangan mengenai kualitas pribadi Anda.
  3. Tujuan surat ditulis dengan sangat jelas dengan maksud surat yang Anda kirim benar-benar sampai sebelum waktu yang ditentukan habis.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Alfamart

contoh surat kerja alfamart
cermati.com

Pada setiap lowongan kerja pasti ada syarat pengajuan lamaran kerja yang berupa amplop berisikan berkas-berkas serta surat lamaran kerja yang diajukan sebagai syarat melamar. Mengapa hal tersebut menjadi syarat umum melamar kerja, sebab berkas tersebut juga bisa memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut.

1. Sebagai Bukti Tertulis

Melalui surat lamaran kerja yang menyertakan berkas-berkas persyaratan lengkap, Anda dengan sungguh-sungguh berniat mencari dan membuktikan diri dengan tanda tangan serta foto copy identitas diri.

2. Sebagai Media Komunikasi

Pada contoh surat lamaran kerja di Alfamart terdapat lampiran berupa foto copy KTP, pengalaman kerja, ijazah, dan lain-lain. Dengan lampiran berkas tersebut pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja akan mengetahui tentang pribadi Anda sebagai pelamar.

  Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Tetap

3. Menjadi Bahan Pertimbangan Perusahaan

Berkas-berkas yang Anda kirim nantinya akan dipelajari oleh pihak perusahaan yang membidangi dan nantinya Anda akan dipertimbangkan untuk masuk dalam kriteria yang dicari perusahaan atau tidak, oleh sebab itu berkas yang rapi akan memberikan nilai positif bagi Anda selaku pelamar kerja.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja di Alfamart yang baik dan bisa Anda jadikan sebagai referensi penulisan yang benar dalam melamar kerja.

Wonosobo, 20 Oktober 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,

Kepala HRD PT Sumber Alfaria Trijaya.Tbk

Jln. Resimen Gajah Mada Blok C No. 30

Semarang Barat

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang Saya baca melalui internet, bahwasanya PT. Sumber Alfaria Trijaya sedang membutuhkan karyawan untuk posisi sebagai kasir. Melalui surat ini Saya bermaksud untuk melamar di posisi tersebut.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : Denis Afnani Risna

Tempat /Tanggal Lahir  : Wonosobo, 30 September 1998

Jenis Kelamin                : Perempuan

Pendidikan terakhir      : S1 Komunikasi

Alamat                          : Jl letjen Mangunarso No. 17 Wonosobo

Email                             : [email protected]

No HP                           : 086413678902

Saya memiliki semangat kerja dan disiplin tinggi, selain itu Saya juga mempunyai kemampuan dalam mengoperasikan komputer yang cukup baik terutama pada aplikasi perkantoran seperti ms. word, excell, dan power point.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini Saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut :

  1. Daftar riwayat hidup/Curriculum vitae
  2. Foto copy ijazah terakhir
  3. Foto copy transkrip nilai
  4. Foto copy sertifikat kursus komputer
  5. Foto copy SKCK
  6. Foto copy kartu identitas
  7. Foto copy KK
  8. Pas photo ukuran 4×6 3 lembar

Demikian permohonan ini Saya sampaikan, besar harapan Saya untuk bisa diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas waktu dan perhatiannya Saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya

Denis Afnani Risna

Download Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart

  • Download Surat Lamaran Kerja di Alfamart | Format Doc
  • Download Surat Lamaran Kerja di Alfamart | Format PDF

Leave a Comment