Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Tetap

IMPBooks.com – Jika Anda adalah pemilik perusahaan dan sedang melakukan pengangkatan karyawan sementara menjadi karyawan tetap, maka contoh surat perjanjian kerja karyawan tetap ini perlu Anda pahami. Surat perjanjian kerja karyawan biasanya berisi tentang hak dan kewajiban karyawan dan pemilik perusahaan, masa kontrak, gaji, tunjangan, prosedur kerja, serta kode disiplin yang harus ditaati kedua belah pihak.

Sebenarnya isi surat perjanjian kerja karyawan tetap dan karyawan sementara hampir sama, yang membedakan hanyalah gaji yang mungkin lebih tinggi, dan masa kerja yang lebih panjang.

Surat perjanjian kerja harus dibuat dengan jelas dan detail, juga harus disertakan materai dan tanda tangan kedua pihak. Surat perjanjian kerja yang sah harus memiliki kekuatan hukum.

Mengapa Harus Menggunakan Surat Perjanjian Kerja?

Di dunia kerja, surat perjanjian hitam di atas putih adalah sesuatu yang sangat krusial. Sesuai dengan pasal yang mengatur tentang ketenagakerjaan di Indonesia, “setiap perusahaan swasta, instansi pemerintah, BUMN, organisasi atau lembaga yang memiliki karyawan dan tenaga kerja wajib mempunyai kontrak kerja karyawan sebagai dasar utama”.

Seorang karyawan harus mendapatkan kontrak kerja dari hari pertamanya bekerja, baik karyawan sementara maupun tetap. Selain itu, surat perjanjian kerja juga dibuat untuk menghindarkan salah satu atau kedua belah pihak mengalami kerugian.

Surat perjanjian kerja adalah bentuk kesepakatan dan komitmen bersama untuk saling percaya dan agar kedua pihak dapat bekerja dengan tenang dan aman.

Surat perjanjian kerja dibuat agar tenaga kerja bisa menjadi lebih terarah dan disiplin dalam melakukan tugasnya. Dan jika kinerja seorang karyawan kurang baik misalnya, maka pihak perusahaan dapat melakukan monitoring dan evaluasi untuk selanjutnya akan diputuskan apakah karyawan tersebut akan diberhentikan, dipindah tugaskan, atau meneruskan kontraknya dengn syarat atau hukuman tertentu.

Sebuah surat perjanjian kerja juga memungkinkan karyawan untuk menuntut pihak perusahaan jika pihak perusahaan belum memberikan hak karyawan. Misalnya gaji yang telat dibayar, atau tunjangan yang tidak sesuai dengan jumlah seharusnya, dll.

Hal ini hanya bisa dilakukan jika seorang karyawan memiliki surat perjanjian kerja. Inilah sebabnya mengapa surat perjanjian kerja sangat dibutuhkan.

Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Tetap
bogabagi.com

Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Tetap Pegawai Bank

PT Bank Central Asia Tbk
Wisma Slipi Lt. Basement Jl. S. Parman Kav 12 Slipi Jakarta Barat

 

Nomor                           : 59/HR-8754302/BCA/2019
Perihal                            : Surat perjanjian kerja karyawan tetap PT Bank Central Asia (BCA)
Lampiran                        : 2 (dua) rangkap

Pada hari Senin 11 November tahun 2016 telah dibuat dan disepakati oleh kedua belah pihak surat perjanjian kerja antara:

Nama lengkap               : Johan AR.

No. KTP                          : 0078767221092

Nama perusahaan          : PT Bank Central Asia

Alamat                            : Jl. S. Parman Kav 12 Slipi Jakarta Barat

  Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart

Dalam hal ini bertindak sebagai pihak pertama atas nama PT Bank Central Asia.

Nama pegawai              : Dion Soja

No. KTP                         : 098733221090

Tempat/ tanggal lahir   : Tangerang, 30 Oktober 1989

Alamat                          : Jl. Lengkong Wetan 12/10, Serpong, Banten

Jabatan                         : Auditor

Pendidikan terakhir      : Pendidikan S1 Akuntansi

Dalam hal ini bertindak atas nama dirinya dan disebut dengan pihak kedua dalam kontrak kerja ini.

Kontrak kerja ini menyatakan bahwa kedua pihak sepakat melakukan perjanjian kerja untuk jangka waktu 1 tahun dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:

Pasal 1
Ketentuan Umum

PT Bank Central Asia merupakan pihak pertama yang mempunyai kuasa penuh akan penetapan peraturan dan kebijakan yang ada di dalam perusahaan. Dan pihak kedua harus sepenuhnya menyetujui dan mentaati peraturan yang telah ditetapkan pihak pertama.

Dengan dibuatnya surat perjanjian ini, maka pihak pertama telah menyatakan bahwa pihak kedua telah ditetapkan sebagai karyawan tetap di PT Bank Central Asia yang beralamat di Jl. S. Parman Kav 12 Slipi Jakarta Barat.

Dengan ini pihak kedua juga menyatakan telah bersedia menjadi pegawai tetap pihak pertama dengan posisi jabatan auditor dengan masa kerja yang akan dijelaskan pada pasal 3.

Pasal 2
Waktu Berlaku Surat Kontrak

Pihak kedua telah resmi menjadi pegawai tetap di PT Bank Central Asia sejak tanggal 12 November 2019 sampai dengan tanggal 12 November 2020. Selama masa kerja ini, pihak pertama memiliki hak dan kewajiban sebagai mana yang tertulis di dalam pasal selanjutnya.

Pasal 3
Hak Dan Kewajiban

Sehubungan dengan ini, pihak pertama mendapatkan hak sebagai berikut:

  1. Pihak pertama berhak melakukan pemberhentian kerja atau melanjutkan kontrak kerja dengan pihak kedua.
  2. Pihak pertama berhak mendapatkan hasil kerja dari pihak kedua.
  3. Pihak pertama memiliki hak untuk menegur, mengawasi, dan mengkordinir pihak pertama.
  4. Pihak pertama memiliki hak menaikkan/menurunkan jabatan pihak kedua.

Adapun kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak pertama adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan gaji pokok, uang lembur, dan uang makan kepada pihak kedua sesuai dengan jumlah dan tanggal yang telah disepakati.
  2. Pihak pertama juga sepenuhnya menanggung pihak kedua dalam hal tunjangan kesehatan dan asuransi kecelakaan serta hari cuti sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan.

 

Pihak Pertama                                              Pihak Kedua

PT Bank Central Asia Tbk

 

Johan AR.                                                   Dion Soja

( Direktur )

Download Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Tetap Pegawai Bank

  Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Job Fair yang Benar
Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan
monitor.co.id

Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Tetap Pegawai BUMN

PT PERTAMINA (PERSERO)

Jl. Yos Sudarso 32-34 Tanjung Priok, Jakarta utara

Telp. 4301086 Ext. 8343

 

Nomor              : 179/F30120/2013-S6

Tanggal             : 11 November 2019

Pada hari ini, Senin, tanggal 11 November 2019, telah dibuat dan ditandatangani surat perjanjian kerja atas dasar kesepakatan oleh dua pihak di bawah ini:

PT PERTAMINA yang berpusat di Jl. Yos Sudarso 32-34 Tanjung Priok, Jakarta utara, dalam hal ini diwakili oleh Amira Sara selaku direktur, yang selanjutnya disebut sebagai pihak pertama.

Saudara Ririn Eka Lahir di Jakarta, 9 November 1990, beralamat di Jalan Mawar No 21,  Jakarta Selatan, pemegang Kartu Tanda Penduduk nomor 222380911750, dalam hal ini bertindak sebagai pihak kedua.

Dalam surat perjanjian kerja ini, pihak pertama secara administrasi dan teknis menyatakan pihak kedua telah memenuhi segala persyaratan sebagai karyawan tetap. Adapun ketentuan-ketentuan lain adalah sebagai berikut:

Pasal 1
Ketentuan Umum

Pihak kedua mempunyai tugas sebagai Field Admin di PT PERTAMINA Jakarta. Dalam rangka penugasan yang dimaksud, pihak pertama memiliki peraturan dan tata tertib yang harus dijalankan sepenuhnya oleh pihak kedua.

Dan apabila pihak pertama mendapati pihak kedua tidak memenuhi atau melanggar tata tertib, maka pihak pertama berhak memberikan sanksi atau hukuman. Baik secara administratif ataupun pemutusan hubungan kerjasama.

Pasal 2
Jangka Waktu Dan Evaluasi

Surat perjanjian kerja karyawan ini mulai berlaku sejak 11 November 2019 sampai dengan 11 November 2020. Dan akan diperpanjang atau akan berakhir sesuai dengan hasil kerja pihak kedua dan evaluasi yang dilakukan pihak pertama.

Pasal 3
Gaji / Upah

Atas tugas / pekerjaan yang telah dilaksanakan pihak kedua, maka pihak pertama berkewajiban untuk memberikan:

  • Gaji pokok
  • Uang lembur
  • Uang makan
  • Uang transport
  • Jamsostek
  • Hari libur/cuti
  • Asuransi kecelakaan

Adapun hal-hal tersebut di atas wajib diberikan oleh pihak pertama sesuai dengan jumlah dan tanggal yang telah disepakati.

 

Pihak Pertama                                                   Pihak Kedua

PT PERTAMINA

 

Amira Sara                                                         Ririn Eka

( Direktur )

Download Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Tetap Pegawai BUMN

Jika Anda belum tau pasti atau tidak yakin dengan kontrak kerja karyawan tetap, contoh surat perjanjian kerja karyawan tetap ini bisa Anda gunakan sebagai referensi atau pedoman.

Pastikan Anda menulis nama dan semua informasi pribadi dan perusahaan dengan benar. Sertakan juga semua hal yang memang dibutuhkan, selengkap mungkin dan sejelas mungkin.

Baca juga artikel terbaru yang mungkin bermanfaat untuk anda seperti contoh surat lamaran kerja jadi dosen dan contoh surat lamaran kerja di alfamart. Terima kasih

Leave a Comment