Pengertian Ekonomi Islam

IMPBooks.com – Dalam perekonomian Indonesia, termasuk dalam dunia perbankan, sering kita temui istilah perekonomian Islam. Sebagian besar memahami tentang pengertian ekonomi Islam sebagai suatu tata cara perekonomian yang sesuai dengan syariat Islam.

Contoh sederhananya adalah tidak adanya bunga bank pada setiap transakasi di bank syariah yang dalam Islam termasuk riba dan sifatnya haram.

Pengertian Ekonomi Islam Secara Umum

Secara umum, yang dimaksud dengan ekonomi Islam adalah suatu sistem ekonomi yang pada pelaksanaanya berdasarkan pada syariat Islam dimana pada perekonomian ini menjadikan Al-Quran dan Al Hadist sebagai pedomannya.

Ekonomi Islam ini sering juga disebut dengan perekonomian syariah yang memang semua kegiatannya berbasis pada syariah dari Al-Quran dan As Sunnah.

Ekonomi Islam ini mengatur tentang beberapa kegiatan dalam perekonomian. Contohnya adalah kegiatan simpan pinjam, investasi, jual beli, dan berbaga kegiatan transaksi lainnya.

Yang membedakan dengan sistem ekonomi konvensional adalah semua kegiatan perekonomian yang dilakukan harus terhindar dari hal yang sifatnya haram, gharar, maisyir, riba, dzalim, dan juga ikhtikar sesuai dengan syariat Islam.

Pengertian Ekonomi Islam Menurut Para Ahli

pengertian ekonomi islam
sosiologis.com

1. Menurut Hasanuzzaman

Hasanuzzaman mengungkapkan bahwa yang dimaksud dengan ekomoni Islam yaitu suatu ilmu, penerapan, dan juga petunjuk syariah dengan tujuan untuk mencegah ketidakadilan dalam hal mendapatkan dan mempergunakan sumber daya material untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga kewajiban yang harus dilaksanakan kepada Allah dan masyarakat dapat terlaksana.

2. Menurut Shidqi

Definisi perekonomian Islam menurut Shidqi adalah sebuah tanggapan dari para pemikir muslim tentang tantangan dalam bidang ekonomi pada zamannya. Pemikiran yang dirangkum oleh para pemikir ini berpedoman pada Al-Quran dan Hadist, dan berdasararkan pada pengalaman serta alasan yang mereka ketahui.

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Islam

Berdasarkan definisi dari sistem ekonomi Islam tersebut, maka sudah terlihat tentang beberapa karakteristik dan ciri dari sistem ekonomi tersebut. Dari beberapa rangkuman yang ada, ciri dari ekonomi syariah ini antara lain:

  • Munculnya pengakuan terhadap hak pribadi atau individu, tetapi hak ini tetap dibatasi agar tidak muncul suatu monopoli yang akan merugikan masyarakat pada umumnya.
  • Terdapat pengakuan tentang hak umum atau hak umat dimana hak tersebut akan lebih diutamakan dibandingan dengan kepentingan hak lainnya.
  • Ada sebuah konsep haram dan halal tentang produk yang dihasilkan. Produk yang dimaksud adalah produk barang dan jasa yang harus bebas dari unsur haram sesuai dengan ajaran agama Islam.
  • Sistem bunga sangat dilarang dalam konsep ini. Begitupun tambahan yang didapat dari suatu pinjaman. Konsep yang diperbolehkan adalah konsep bagi hasil yang dihasilkan dari kegiatan pinjaman tersebut.
  • Dalam ajaran Islam, tidak boleh adanya kegiatan menimbun harta. Hal ini dapat mengakibatkan terhambatnya aliran harta dari orang yang berkecukupan atau kaya kepada orang miskin yang membutuhkan.
  • Terdapat suatu keyakinan bahwa manusia hanyalah pemegang amanah yang Tuhan berikan. Amanah ini termasuk harta benda dan seisinya. Semua adalah titipan yang harus Anda pertanggungjawabkan.
  Pengertian Microsoft Word, Fungsi dan Fitur Lengkapnya

Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam

prinsip ekonomi islam
musthafa.net

1. Allah Menentukan Tentang Baik dan Buruk

Dalam menjalankan sistem ekonomi Islam, Anda harus bisa menentukan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan sesuai dengan hukum Islam. Prinsip ini berlaku untuk semua kalangan dalam dunia perekonomian. Pada prinsip syariah ini, para masyarakat meyakini bahwa yang menentukan tentang benar dan salah hanyalah kekuatan Allah.

2. Asas Manfaat

Semua yang diciptakan oleh Allah  pasti memiliki kegunaan bagi manusia. Allah memperbolehkan menikmati semua yang telah diberikan selama hal tersebut membawa manfaat dan kegunaan yang baik. Walaupun boleh menikmati namun asas manfaat tidak boleh digunakan secara berlebihan dan melampaui batas.

Allah menciptakan segala sesuatunya agar bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi apa yang dibutuhkan. Namun sebagai manusia, Anda juga harus bisa menahan diri untuk tidak menggunakan atau mengkonsumsi apa yang ada secara berlebihan. Anda dapat menggunakan semua yang ada sesuai dengan porsinya.

3. Asas Pertengahan

Yang dimaksud dengan asas pertengahan adalah manusia hendakmya berada di tingkat yang tidak kekurangan namun juga tidak berlebihan.

Manusia hendaknya berada di posisi moderat ketika melakukan semua aktivitas perekonomian. Sifat kesalehan Anda jangan sampai membawa Anda pada sifat meterialistik ataupun fakir yang sangat ekstrim

Manusia diperbolehkan untuk mencari kekayaan semasa hidupnya, namun yang perlu diingat adalah harta tersebut harus didapat dengan cara halal. Setelah mendapatkan kekayaan, menimbunnya juga tidak boleh.

Salurkan redistribusi harta Anda melalui hibah, zakat, sedekah, dan lainnya. Perlu Anda perhatikan juga bahwa hal tersebut jangan sampai membawa Anda pada tingkat kesengsaraan.

4. Asas Keadilan

Prinsip selanjutnya adalah adil atau yang dikenal dengan justice. Makna dari prinsip ini adalah, bahwa adil dalam kaitannya dengan ekonomi Islam adalah dasar etika yang harus dipenuhi dalam segala bentuk kegiatan perekonomian.

Prinsip keadilan ini dimaksudkan untuk memandu semua aspek ekonomi seperti distribusi, konsumsi, produksi, dan pertukaran secara adil.

  Pengertian Anak Usia DIni

Harapan dari adanya asas keadilan ini agar semua orang yang bekerja untuk memenuhi kebutuhannya tidak menjadi korban eksploitasi dan terpenuhi haknya.

Upah pegawai harus sudah Anda berikan tepat waktu sesuai dengan perjanjian yang Anda tetapkan. Dalam Islam juga telah diajarkan untuk memenuhi hak pegawai segera sebelum keringatnya mengering.

5. Asas Kebebasan

Dalam prinsip kebebasan ini, manusia mempunyai kebebasan untuk mencari dan memiliki kekayaan atau harta sebagai milik pribadi. Bebas disini diartikan bukan bebas yang tanpa batas atau tidak terhingga.

Ada batasan yang harus Anda penuhi yaitu batasan tentang halal dan haram. Hal ini untuk membatasi dan melindungi manusia agar senantiasa berada pada syariat yang berlaku.

Prinsip inilah yang akan membedakan sistem ekonomi komunis dengan ekonomi Islam. Pada sistem ekonomi komunis tidak adanya pengakuan tentang hak milik pribadi atau individu.

Walaupun kebebasan ini boleh Anda lakukan sesuai dengan keinginan Anda, bukan berarti Anda bebas tanpa batasan. Anda juga tidak diperbolehkan menerapkan praktik akumulasi kapital tanpa batas .

Contoh Aktivitas Ekonomi Islam

contoh ekonomi islam
banksyariahwaykanan.co.id

Pengertian dan prinsip ekonomi Islam yang telah diulas diatas, mungkin masih membuat beberapa orang bingung tentang konsep syariah. Ada beberapa kegiatan yang mencerminkan ekonomi Islam di Indonesia ini. Beberapa contoh tentang ekonomi syariah yang telah dilaksanakan di masyarakat antara lain:

1. Baitul Mal

Pada awal berdirinya, baitul mal ini dipergunakan sebagai rumah tempat menempatkan harta rampasan ketika perang di masa Nabi Muhammad SAW. Pada jaman dahulu, baitul mak ini memiliki fungsi yang menyerupai departemen keuangan yang bertugas untuk pengelolaan keuangan umat.

2. Bank Syariah

Aktivitas ini sering juga disebut dengan Islamic banking. Pada aktivitas ini, eksistensi suatu bank syariah sangat dipengaruhi oleh prinsip perekonomian syariah. Walaupun tidak semua bank syariah telah murni menerapkan prinsip ekonomi Islam, namun sebagian besar aktivitasnya telah dibatasi dan teratur sesuai dengan syariah yang ada.

Munculnya perekonomian Islam ini telah banyak membawa dampak perubahan dalam masyarakat. Pada pengertian ekonomi Islam ini tidak diperbolehkannya bunga bank yang selama ini diberlakukan.

Hal ini akan membuat Anda untuk lebih yakin jika simpanan atau pinjaman Anda halal tanpa riba. Pokok dari ekonomi Islam adalah berpedoman pada Al-Quran dan Al Hadist yang telah jelas mengatur tentang halal dan haram.

Baca juga artikel menarik lainnya seperti pengertian marketing mix dan pengertian kebijakan publik. Selamat membaca

Leave a Comment