Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli

IMPBooks.com – Dalam ilmu perekonomian saat ini, selain ekonomi konvensional yang sudah banyak diketahui dan dipelajari oleh banyak orang juga terdapat perekonomian syariah. Pengertian ekonomi syariah secara garis besar adalah suatu bentuk ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas tentang kegiatan ekonomi yang didasarkan pada ajaran Islam yaitu Al-Quran dan Sunnah Nabi SAW.

Pengertian Ekonomi Syariah Secara Umum

Definisi dari ekonomi syariah secara umum merupakan bentuk cabang ilmu pengetahuan terutama tentang kegiatan ekonomi yang memiliki tujuan untuk menganalisa, memAndang, dan menyelesaikan berbagai hal yang berkaitan dengan perekonomian dengan cara Islam.

Maksud dari cara Islam ini adalah cara-cara yang berdasarkan dengan ajaran agama Islam yaitu Al-Quran dan Sunnah Nabi.

Landasan hukum dari sistem ekonomi syariah ini bersumber pada dua hal pokok yaitu Al-Quran dan juga Sunnah Rasulullah. Beberapa hukum yang bersumber dan diambil dari kedua landasan tersebut bersifat tetap atau tidak dapat berubah dimanapun dan kapanpun baik secara prinsip maupun konsepnya.

Perekonomian syariah banyak dipergunakan seiring dengan luasnya pemikiran Islam dalam bidang ekonomi.

Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli

pengertian ekonomi syariah
okeinfo.net

Ada beberapa pakar ekonomi Islam yang mencoba untuk mendefinisikan tentang perekonomian Islam menurut pemikiran dan ilmu yang dimiliki. Sistem ekonomi syariah ini telah banyak diulas dalam beberapa buku yang diterbitkan oleh berbagai percetakan. Pengertian tentang perekonomian syariah ini antara lain sebagai berikut:

1. Monzer Kahf

Buku yang berjudul The Islamic Economy karya Monzer Kahf ini menjelaskan tentang definisi ekonomi Islam sebagai sebuah bagian dari ilmu ekonomi yang memiliki sifat interdisipliner.

Dalam arti lain kajian ekonomi syariah ini memerlukan penguasaan dan pemahaman mendalam tentang ilmu syariah dan ilmu pendukungnya, sehingga bukan hanya murni dari syariah akan tetapi ditopang dengan ilmu lainnya.

Beberapa ilmu pendukung dalam kajian ekonomi syariah dipergunakan sebagai tool of analysis yang dapat meliputi beberapa disiplin ilmu antara lain statistic, matematika, logika, dan juga ushul fiqih.

Kolaborasi dari ilmu-ilmu tersebut akan membentuk sistem ekonomi yang sesuai dengan syariat agama Islam namun juga tetap memiliki keterkaitan dengan ilmu lainnya.

2. Muhammad Abdullah Al-Arab

Definisi ekonomi syariah berdasarkan pemikiran dari Muhammad Abdullah Al-Arabi yang berpendapat bahwa ekonomi syariah merupakan sekumpulan dasar umum bidang ekonomi yang kesimpulannya diambil dari Al-Quran dan As-Sunnah sebagai bangunan perekonomian yang berlAndaskan pada dasar-dasar tersebut.

Pelaksanaan dari ekonomi ini dapat disesuaikan dengan tingkatan masa dan lingkungan yang ada.

  Pengertian Seni Lukis, Unsur, Teknik, Alat dan Bahannya

3. A. Mannan

M.A. Mannan dalam pendapatnya tentang ilmu ekonomi syariah mengemukakan bahwa sistem ekonomi ini adalah bagian dari ilmu pengetahuan dari disiplin ilmu sosial yang mempelajari berbagai kasus ekonomi rakyat. Pembahasan dari ilmu ekonomi ini didasarkan dan diilihami dari nilai-nilai Islam sesuai dengan syariat yang ada.

Tujuan Ekonomi Syariah

tujuan ekonomi syariah
okeinfo.net

Setiap kegiatan perekonomian yang dilaksanakan tentunya memiliki tujuan. Baik bagi pelaku maupun masyarakat yang mengambil manfaat dari sistem ekonomi tersebut.

Secara garis besar tujuan ekonomi syariah ini tidak berbeda jauh dengan tujuan dari syariat Islam, yaitu untuk bisa mewujudkan kebahagian dunia dan akhirat berdasarkan tatanan kehidupan yang baik dan terhormat.

  1. Sebagai media untuk memposisikan ibadah kepada Allah SWT.
  2. Menggapai keseimbangan kehidupan dunia dan akhirat.
  3. Agar bisa mendapatkan kesuksesan perekonomian sesuai yang diperintahkan oleh Allah SWT.
  4. Menghindari kerusuhan dan kekacauan dalam sistem perekonomian yang ada.

Manfaat Ekonomi Syariah

Amalan ekonomi syariah selain memiliki tujuan untuk selalu menjalankan sistem perekonomian sesuai dengan syariat Islam, juga memiliki manfaat bagi semua orang.

Manfaat yang dimaksud adalah hasil yang dapat dirasakan baik oleh pelaku bisnis syariah maupun bagi masyarakat yang menggunakan layanan tersebut.  Dapat juga manfaat ini dirasakan oleh seluruh masyarakat. Manfaat dari ekonomi syariah tersebut antara lain adalah:

  1. Dengan mengamalkan ekonomi syariah akan terwujud suatu tatanan muslim yang terintegritas dan kaffah. Dengan kata lain, ekonomi syariah membuat para penganut agama Islam menjadi muslim secara menyeluruh, tidak setengah-setengah. Apabila masih ada yang melakukan perekonomian secara konvensional berarti keislamannya belum menyeluruh atau kaffah.
  2. Penerapan ekonomi syariah melalui berbagai lembaga keuangan syariah, telah menunjukkan satu langkah untuk memajukan perekonomian Islam. Dengan aktif berinteraksi pada layanan ekonomi syariah, secara tidak langsung telah ikut berpartisipasi demi kemajuan lembaga ekonomi yang berbasis syariah.
  3. Pengguna ekonomi syariah akan mendapatkan keuntungan baik di dunia maupun di akhirat. Keuntungan di dunia dapat diperoleh dari layanan bagi hasil yang Anda terima ketika Anda melakukan aktivitas di beberapa lembaga keuangan syariah seperti bank, BMT atau Baitul Maal Wat Tamwil, asuransi, dan pegadaian syariah. Sedangkan untuk keuntungan di akhirat adalah dijauhkannya dari dosa riba yang bisa membawa Anda pada aktivitas yang memang diharamkan oleh Allah SWT. Dengan tidak melakukan kegiatan yang mengandung riba, maka Anda satu dosa bisa Anda hindarkan. Hal ini tentu menjadi keuntungan Anda ketika di akhirat nanti saat dilakukan hisab.
  4. Menerapkan praktek sistem ekonomi syariah adalah termasuk dalam nilai ibadah. Hal ini karena Anda telah mengamalkan salah satu syariat Islam terutama dalam hal perekonomian.
  5. Melakukan pembukaan rekening untuk menabung, depositi atau sebagai nasabah asuransi yang berbasis syariah, berarti Anda telah ikut berpartisipasi untuk mendukung pemberdayaan ekonomi umat. Dana yang terkumpul dari hasil kegiatan tersebut dapat disalurkan melalui perdagangan riil yang akan bermanfaat bagi semua umat.
  6. Manfaat dari ekonomi syariah yang terpenting adalah terwujudnya gerakan amar ma’ruf nahi mungkar. Lembaga keuangan syariah yang bertugas mengumpulkan dana harus selektif dalam mengelola dana tersbut dan tidak boleh digunakan untuk kepentingan selain kepentingan yang halal. Termasuk didalamnya adalah proyek, usaha, bisnis, dan perdagangan.
  Pengertian Anak Usia DIni

Bentuk Kerjasama Ekonomi Syariah

Kerjasama Ekonomi Syariah
studilmu.imgix.net

1. Musyarakah

Yang dimaksud dengan musyarakah adalah suatu bentuk kerjasama dimana modal usaha dikumpulkan dari pihak yang melakukan kerjasama. Segala bentuk laba dan rugi dari kegiatan ini akan dihadapi bersama dengan perjanjian dan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya.

2. Mudharabah

Yaitu suatu bentuk kerjasama antara dua pihak yang melakukan kerjasama, dimana modal yang digunakan bersumber dari pemilik modal, sedangkan pihak kedua hanya sebagai pengelola.

Keuntungan yang didapatkan akan dibagi sesuai dengan porsinya seperti yang telah disepakati sebelumnya. Namun untuk kerugian akan ditanggung oleh pemilik modal jika bukan karena kesalahan pengelola.

3. Al Muzaqah

Yaitu bentuk kerjasama dimana pekerja hanya akan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas memelihara dan menyirami tanaman tersebut.

4. Al Muza’arah

Bentuk kerjasama ini adalah kegiatan yang fokus pada pengelolaan lahan pertanian. Antara kedua belah pihak yaitu pemilik lahan dan pekerja akan membuat perjanjian dimana pemilik lahan bertugas untuk menyiapkan benih dan lahan untuk ditanam dan dirawat oleh pekerja.

Hasil yang didapat dari panen tersebut akan dibagi dua sesuai dengan presentase yang telah disepakati sebelumnya.

Makna dari pengertian ekonomi syariah pada dasarnya adalah suatu bentuk pengelolaan ekonomi sebagai cabang dari ilmu pengetahuan sosial yang sesuai dengan ajaran Islam yaitu Al-Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Tujuan ekonomi syariah memang berbeda dengan ekonomi konvensional yaitu pencapaian kebahagiaan dunia dan akhirat melalui tatanan yang baik dan terhormat dimata Allah SWT.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, baca jug artikel menarik lainnya seperti pengertian haji dan umroh. Semoga bermanfaat

Leave a Comment