Pengertian Identitas Nasional, Unsur, Fungsi, Jenis dan Karakteristiknya

Pengertian Identitas Nasional – Ketika mendengar kata Identitas Nasional, tentu yang terbayangkan adalah ciri-ciri atau suatu hal yang membedakanya dengan yang lain. Contohnya bendera karena bendera setiap negara berbeda dengan bendera dari negara lainnya.

Sedangkan nasional berarti kelompok yang lebih besar yang diikat dengan kesamaan fisik. Contohnya budaya, agama serta bahasa. Dan bisa diikat juga dengan kesamaan non fisik seperti cita-cita dan tujuan.

Jadi, pengertian Identitas Nasional pada hakikatnya adalah manifestasi dari beberapa nilai budaya yang berkembang dalam aspek kehidupan dengan suatu yang khas yang menjadikan bangsa tersebut akan berbeda dengan bangsa yang lainnya

Pengertian Identitas Nasional Menurut Para Ahli

Lalu apa sebenarnya pengertian sesungguhnya tentang Identitas Nasional? Dibawah ini yang dimaksud dengan Identitas Nasional menurut beberapa ahli

1. Koenta Wibisono

Menurut Koenta Wibisono, Identitas Nasional berarti manifestasi dari nilai dan budaya yang tumbuh dan berkembang pada aspek kehidupan sebuah bangsa dan negara dengan ciri khasnya sendiri yang akan membuatnya berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya.

2. Dean A.Mix dan Sandra M

Pengertian Identitas Nasional menurut dua ahli ini berarti suatu bangsa yang memiliki bangunan politik berwujud ketentuan-ketentuan perbatasan teritorial pemerintahan yang sah, serta pengakuan bangsa lain dan sebagainya.

3. Berger

Dalam bukunya yang memiliki judul “The Capitalis Revolution” atau ideologi kapitalislah yang akan menjadi penguasa dunia serta akan mengubah masyarakatnya satu persatu hingga menjadi sistem nasional yang bisa menentukan nasib bangsa-bangsa di sektor sosial, politik dan budaya.

4. Toyanbee

Pengertian Identitas Nasional menurut Toyanbee adalah tingkat lokal genius suatu bangsa dalam menghadapi tantangan dan respon. Jika tantangan yang datang besar namun responnya kecil, maka bangsa itu akan punah. Namun jika sebaliknya tantangan kecil dan responnya besar, bangsa tersebut akan berkembang.

Unsur Identitas Nasional

unsur identitas nasional
maudisini.com

terbentuknya Identitas Nasional suatu bangsa tak lepas dari peran beberapa unsur baik secara fisik maupun non fisik. Perpaduan unsur-unsur berikutlah yang membentuk identitas Indonesia.

1. Sejarah

Seperti yang tercatat oleh sejarah, banyak orang mengetahui bahwa sebelum menjadi suatu negara, bangsa ini mengalami kejayaan yang terdiri dari dua kerajaan  besar yakni Majapahit dan Sriwijaya.

Semangat juang yang dimiliki masyarakatnya mampu mengusir para penjajah. Inilah yang menjadi cikal bakal bangsa Indonesia memiliki Identitas Nasional sebagai bangsa yang tidak mudah menyerah.

  Pengertian Seni Lukis, Unsur, Teknik, Alat dan Bahannya

2. Budaya

Budaya merupakan kemampuan suatu manusia sebagai makhluk sosial yang berisikan tentang model pengetahuan secara kolektif dan digunakan untuk menunjang kehidupan dari manusia itu sendiri.

Budaya menjadi salah satu unsur terpenting dalam pembentukan Identitas Nasional suatu negara. Karena dengan dimilikinya bermacam-macam budaya, akan menjadikan ciri khas dari negara itu sendiri. Jadi Anda harus ikut serta dalam melestarikan budaya.

3. Agama

Negara Indonesia memang dikenal sebagai bangsa yang didominasi masyarakat agamis. Agama dan keyakinan yang dianut masyarakat Indonesia memang sangat beragam.  Seperti Islam, Katholik, Kristen, Budha, Hindu serta Konghucu.

Agama juga sering diartikan sebagai golongan sosial yang diklasifikasikan melalui keyakinan. Biasanya seseorang sudah berafiliasi ke suatu agama sejak lahir atas arahan dari orangtua.

4. Suku Bangsa

Merupakan golongan sosial yang dikhususkan dan bersifat askriptif. Yang berarti tiap individu memiliki suku bangsanya sejak lahir dan bukan menjadi kuasanya untuk memilih.

5. Bahasa

Adalah suatu golongan sosial yang berdasar pada aspek simbolik sebagai sarana untuk berinteraksi. Biasanya setiap individu mempelajari simbol yang membentuk sebuah bahasa sejak lahir. Bahasa juga merupakan bagian dari budaya.

Fungsi Identitas Nasional

Fungsi Identitas Nasional
ipmindonesia.or.id

1. Alat Pemersatu Bangsa

Identitas Nasional sengaja dibentuk dengan tujuan sebagai alat untuk mempersatukan sebuah bangsa. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa Indonesia memiliki sangat banyak macam suku, budaya, agama.

Fungsi dari Identitas Nasional tersebut adalah untuk menyatukan keberagaman yang ada di Indonesia. Selain itu juga untuk memperkenalkan Indonesia di kancah dunia.

2. Pembeda dengan Bangsa Lain

Seperti halnya pengertian Identitas Nasional  yang menjadi sebuah jati diri bangsa, selaras dengan fungsinya sebagai pembeda dengan bangsa lain. Sebagai ciri dari suatu bangsa, tentunya hal inilah yang menjadi pembeda suatu bangsa secara lebih spesifik.

3. Landasan Bangsa

Artinya Identitas Nasional digunakan sebagai pedoman, atau pegangan agar suatu bangsa bisa mewujudkan apa yang  menjadi tujuan dan cita-citanya. Selain itu, Identitas Nasional juga bisa menggambarkan potensi serta kemampuan dari negara itu sendiri.

4. Identitas Negara

fungsi yang paling penting dari Identitas Nasional adalah sebagai identitas negara atau jati diri negara itu sendiri. Jadi dengan adanya Identitas Nasional secara otomatis bangsa tersebut lebih menonjol dibanding dengan bangsa lain.

Jeni-Jenis Identitas Nasional

Jenis Identitas Nasional
maudisini.com

Identitas Nasional bangsa Indonesia terbagi atas tiga jenis, yakni sebagai berikut.

  Pengertian Iklan Baris, Ciri, Jenis dan Contohnya

1. Identitas Fundamental

Pengertian Identitas Nasional secara fundamental adalah suatu jati diri yang paling penting atau paling utama yang wajib dimiliki oleh suatu bangsa dan negara. Di Indonesia sendiri contoh identitas fundamental adalah Pancasila.

2. Identitas Instrumental

Sedangkan identitas instrumental adalah ciri suatu bangsa yang dapat dikategorikan kedalam alat contoh bendera, lagu kebangsaan, hukum dasar, budaya serta lambing-lambang negara.

3. Identitas Alamiah

Identitas alamiah di Indonesia diwujudkan dalam negara kepulauan, suku bangsa, budaya serta kepercayaan.

Karakteristik Identitas Nasional

karakteristik identitas nasional
nesabamedia.com

Karakteristik dalam suatu Identitas Nasional bisa diartikan sebagai ciri yang spesifik. Seperti kebiasaan pola hidup masyarakatnya yang tinggal di wilayah tersebut.

1. Kesatuan Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terluas di dunia. Oleh karenanya terdapat perbedaan adat istiadat dari setiap pulau satu dengan yang lainnya. Bahasa dan budaya yang unik inilah yang menjadi karakteristik Identitas Nasional Indonesia yang berharga.

2. Persamaan Nasib

Masyarakat Indonesia sama-sama merasakan masa terpuruk yakni ketika dijajah oleh bangsa lain selama bertahun-tahun. Hal ini juga mencerminkan karakteristik Identitas Nasional seperti yang tercermin pada pembukaan UUD 1945.

3. Keinginan untuk Merdeka

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika masyarakat Indonesia memiliki persamaan nasib, hal ini merujuk pada satu keinginan mereka untuk terbebas dari belenggu penjajahan.  Hal ini juga sama tercantum pada pembukaan UUD 1945.

Ciri-Ciri Negara yang Memiliki Identitas Nasional

  1. Terdapat pola perilaku masyarakat yang menyangkut adat istiadat. Perilaku tersebut selalu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Terdapat lambing-lambang yang menjadi symbol untuk mendeskripsikan tujuan, fungsi, visi serta misi mengapa negara tersebut didirikan.
  3. Terdapat alat kelengkapan yang dimiliki suatu negara guna memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Hal itu berupa tempat ibadah, infrastruktur penting, teknologi dan komunikasi serta hal penting lainnya.
  4. Terdapat kesamaan tujuan untuk mencapai suatu bangsa yang hebat. Hal ini tercermin dalam dasar negara beserta konstitusinya.

Sekian pembahasan mengenai pengertian Identitas Nasional beserta dengan unsur-unsurnya. Dengan adanya Identitas Nasional Anda bisa membedakan mana negara yang satu dengan yang lainnya.

Dengan melihat beberapa indikator di atas, Anda bisa meyakini bahwa bangsa Indonesia memiliki Identitas Nasional yang bagus. Bahkan bisa dikatakan jika identitas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia tak terhitung lagi jumlahnya.

Leave a Comment