Pengertian Kuesioner Menurut Para Ahli

IMPBooks.com – Bagi masyarakat akademik, khususnya yang sering bersinggungan dengan dunia penelitian, tentu tidak akan asing dengan yang namanya kuesioner. Mungkin sebagian Anda masih ada yang belum mengerti tentang definisi kuesioner secara umum ataupun pengertian kuesioner menurut para ahli.

Metode penelitian ini memang paling ampuh untuk menemukan, merumuskan bahkan untuk menyelesaikan masalah. Karena begitu pentingnya, artikel ini juga  berusaha menjelaskan jenis, syarat, serta contoh-contoh kuesioner. Dengan begitu Anda dapat memahami dan bisa memperaktikannya dikehidupan sehari-hari.

Pengertian Kuesioner Menurut Para Ahli

Seringkali Anda melihat beberapa orang yang memberikan daftar pertanyaan kepada orang-orang. Biasanya berupa list pertanyaan yang mengandung pilihan.

Orang-orang tersebut sebenarnya tengah melakukan metode kuesioner atau bisa juga disebut metode penelitian angket. Dimana mereka ingin mengetahui tentang opini atau pengalaman orang-orang yang diberikan daftar tersebut.

Terkadang tidak hanya model pertanyaan yang dipersiapkan. Ada juga kuesioner yang berupa pernyataan yang menuntut responden menuliskan opini atau pengalamannya di daftar listnya.

Dari penggambaran diatas, barangkali Anda sudah bisa menerka tentang bentuk kuesioner. Adapun pengertian kuesioner menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  1. Menurut Gault RH, kuesioner adalah serangkaian pertanyaan atau pernyataan yang diajukan kepada seorang atau kelompok yang ingin diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi lebih mengenai subjek tersebut.
  2. Menurut Prof. Dr. Sugiyono, penelitan kuesioner adalah cara mengumpulkan data dengan menggunakan seperangkat angket yang terdiri dari pertanyaan atau pernyataan yang diberikan kepada para responden.
  3. Menurut Bimo Walgito kuesioner adalah metode penelitian yang menggunakan angket pertanyaan sebagai alat untuk mengumpulkan setiap data dari responden.

Dari definisi-definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian kuesioner menurut para ahli atau yang biasa disebut juga penelitian angket adalah daftar pertanyaan atau pernyataan yang diberikan kepada koresponden. Didesain untuk mencari tahu informasi spesifik tentang suatu fakta dari kaca mata mereka.

Karakteristik Penelitian Kuesioner

pengertian kuesioner menurut para ahli
kinibisa.com

Sebenarnya dari penjelasan diatas, Anda dapat menyimpulkan sendiri karakteristik-karakteristik dari penelitian kuesioner. Akan tetapi untuk lebih jelasnya karakteristik tersebut dapat dirumuskan menjadi 3 macam:

  1. Daftar angket dibuat seragam tanpa membeda-bedakan antara satu koresponden dengan koresponden lainnya.
  2. Informasi-informasi tersebut didapatkan dengan penyelidikan yang sewajar mungkin.
  3. Daftar pertanyaan biasanya dibuat secara berurutan dan semakin bervariasi tingkatan pertanyaannya.
  Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Konsepnya

Jenis Kuesioner

Jenis kuesioner dalam penelitian biasanya diklasifikasi menjadi 3 bagian: kuesioner terbuka, tertutup, dan tertutup-terbuka. Berikut penjelasan mengenai ketiganya:

  1. Kuesioner terbuka adalah metode penelitian kuesioner yang memberikan keleluasaan bagi informan untuk menuliskan sendiri jawaban dari daftar pertanyaannya. Contohnya seperti pertanyaan:
Apakah anda merasa kesulitan mengatur waktu antara aktivitas kampus dan organisasi yang anda ikuti? (disini peneliti hanya menyediakan space kosong untuk pengisian jawabannya).
  1. Adapun pengertian kuesioner tertutup adalah metode kuesioner yang menuliskan beberapa pilihan untuk alternatif jawabannya (biasanya terdiri dari 2-5 kolom jawaban). Dengan begitu, subjek hanya disuruh memberi centang pada kolom jawaban yang diinginkan. Contohnya:
Apakah kegiatan belajar-mengajar di luar kelas berefek positif pada peningkatan pemahaman anda? . jawaban: A. Sangat  B. Iya C. Tidak Tahu C. Tidak Begitu D. Tidak Tahu.
  1. Sedangkan kuesioner tertutup-terbuka adalah penggabungan dari dua cara diatas. Yakni peneliti memberikan dua alternatif jawaban, baik dengan space kosong atau kolom pilihan jawaban.

Selain itu jenis kuesioner terbagi juga menjadi 4 macam berdasarkan tipe pengambilan datanya:

  1. Melalui email
  2. Telepon
  3. Komputer
  4. Kertas angket

Langkah-Langkah Memakai Metode Kuesioner

metode kuesioner
blog.seibert-media.com

Setiap metode penelitian memiliki langkah-langkah yang berbeda satu dengan lainnya. Begitupun dengan metode kuesioner, terdapat langkah-langkah spesifik yang harus dilakukan. Hal ini demi menjadapatkan hasil yang optimal dan memuaskan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Identifikasi penelitian yang ingin dibuat menggunakan metode ini, kejelasan topik dan bagaimana menuliskan pertanyaan dalam kuesioner secara maksimal dan menjurus. Ketika membuat kuesioner diusahakan jangan memangkas kata-kata. Sebab tidak sedikit responden yang tidak mengerti maksud dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.
  2. Tidak diperkenankan mengajukan 2 pertanyaan pada satu waktu. Hal ini dikarenakan beberapa pertanyaan terkadang memiliki jawaban yang berbeda. Oleh karena itu setiap pertanyaan harus disendirikan dari lainnya. Begitu juga pembuat angket harus memberi opsi jawaban lain. Sebab terkadang koresponden tidak menemukan jawaban yang pas dari pilihan yang dicantumkan.
  3. Memilih jenis metode yang akan dipakai. Apakah menggunakan kuesioner terbuka, tertutup atau terbuka-tertutup.
  4. Menentukan subjek yang akan diteliti serta menyesuaikan bentuk angket dengan tingkat pemahamannya. Semisal jika koresponden adalah orang-orang yang berpendidikan rendah maka bahasa yang dipakai harus semudah mungkin untuk dipahami.
  Pengertian Iklan Baris, Ciri, Jenis dan Contohnya

Contoh Kuesioner

Jika Anda masih bingung dengan penlejasan diatas. Anda bisa juga mempelajarinya dari sample contoh angket yang sering ditemukan disekitar Anda. Berikut beberapa contoh kuesioner dari metode pengumpulan data menggunakan kuesioner:

  1. Metode Penelitian Tertutup

Kuesioner Pemahaman Santri Pondok Pesantren “A” terhadap Ilmu Agama

Profil responden

Nama               :

Jenis Kelamin  :

Alamat             :

 

Pertanyaan

1.     Bagaimana proses KBM ilmu agama di pesantren A?

Jawaban:………………

 

  1. Metode penelitian terbuka

No Pertanyaan SS S TS STS
1 Proses KBM di Pesantren “A” sangat efektif untuk mendalami ilmu agama.
  1. Metode penelitian tertutup-terbuka

No Pertanyaan SS S TS STS
1 Proses KBM di Pesantren “A” sangat efektif untuk mendalami ilmu agama.
Alasan:

 

Contoh kuesioner diatas hanyalah bentuk sample yang lumrah dipakai. Selain itu, Anda bisa juga mengubah pertanyaannya dengan masalah yang ingin diselidiki. Begitu juga Anda bisa menambah atau mengurai pertanyaan dan kolom jawabannya sesuai keinginan.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Kuesioner

Kekurangan Metode Kuesioner
sharingkali.com

Setiap metode penelitian selalu memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan metode ini. Selain karena aspek fleksibilitas, kuesioner juga memliki beberapa kelebihan lainnya. Menurut Sukardi, beberapa kelebihan metode kuesioner adalah:

  1. Metode satu ini dapat digunakan pada jumlah dan skala yang sangat besar dan tanpa batas.
  2. Flesibilitas waktu yang memungkin peneliti mendapatkan data-datanya lebih cepat dari metode lainnya.
  3. Kerahasiaan identitas terjaga atau dibuat anonim, jika calon kuesioner tidak ingin disebutkan identitasnya.
  4. Biaya lebih murah bahkan bisa jadi tanpa mengeluarkan uang sama sekali jika kuesioner dijajakan secara online.

Adapun sisi kekurangan dari metode satu ini adalah sebagai berikut:

  1. Reaksi para responden tidak dapat diketahui secara jelas.
  2. Terkadang responden tidak menepati waktu pengumpulan yang telah ditentukan.
  3. Jawaban seringkali dibuat secara asal-asalan.
  4. Tidak jarang responden kesulitan memberikan jawaban, semisal jika mereka adalah kelompok dari tingkat pendidikan yang rendah.

Demikian pengertian kuesioner menurut para ahli dan penjelasan tentang kuesioner beserta contoh-contohnya. Anda bisa langsung mengaplikasikannya untuk menemukan informasi yang dibutuhkan, baik untuk tugas akademik maupun pekerjaan.

Dan baca juga artikel bermanfaat lainnya seperti pengertian rule of law yang akan menambah wawasan anda. Terima kasih

Leave a Comment