Pengertian Marketing Mix

IMPBooks.com – Dalam dunia pemasaran, Anda akan sering mendengar istilah marketing mix. Beberapa orang juga mendefinisikan sebagai bauran pemasaran.

Adanya marketing mix ini bertujuan untuk membuat konsep pemasaran yang jitu sehingga produk yang ditawarkan akan tepat sasaran dan sesuai dengan target. Banyak sekali pengertian marketing mix yang digunakan sebagai dasar pada ilmu pengetahuan.

Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

Beberapa ahli dalam bidang pemasaran mencoba menjabarkan tentang definisi marketing mix menurut pemikiran dan ilmu masing-masing. Hal ini membuat pengertian bauran pemasaran ini menjadi beragam.

Namun apabila Anda telaah lebih lanjut, semua pengertian yang ada intinya adalah tentang strategi pemasaran yang baik. Berikut ini beberapa ahli yang terkenal dengan pemikirannya tentang marketing mix

1. Buchari Alma

Buchari Alma mengeluarkan pendapatanya tentang definisi dari marketing mix sebagai strategi yang menggabungkan beberapa kegiatan marketing. Kombinasi dari berbagai kegiatan ini mempunyai tujuan untuk bisa mencapai hasil yang maksimal.

2. Kotler dan Armstrong

Marketing mix menurut ilmuwan Kotler dan Armstrong adalah sebuat perangkat atau alat dari proses pemasaran taktis yang bisa Anda kendalikan temasuk produk, distribusi, harga, dan juga promosi.

Perusahaan akan memadukan keseluruhan komponen ini agar bisa menghasilkan respon yang diinginkan sesuai dengan target pasar yang ditetapkan.

3. Sumarmi dan Soeprihanto

Bauran pemasaran atau marketing mix menurut Sumarni dan Soeprihanto adalah sebuah kombinasi dan kegiatan atau variabel inti dari sistem pemasaran. Variabel ini adalah produk, promosi, harga, dan juga distribusi.

Dengan kata lain, marketing mix dapat didefinisikan sebagai gabungan dari variabel yang oleh perusahaan digunakan untuk mempengaruhi respon konsumen.

4. Gugup Kismono

Definisi marketing mix menurut Gugup Kismono ini yaitu kombinasi atau gabungan dari beberapa variabel kegiatan dimana variabel ini adalah inti dari pemasaran tersebut. Variabel yang dimaksud adalah produk (product), harga (price), tempat (place), dan juga promosi (promotion).

5. Dhaimesta dan Irwan

Dhaimesta dan Irwan mengemukakan tentang pengertian bauran pemasaran yaitu beberapa veriabel-variabel yang digunakan oleh suatu perusahaan dimana penggunaan variabel ini bertujuan agar dapat memenuhi dan melayani keinginan serta kebutuhan konsumen.

6. Sofjan Assauri

Seperti halnya para pakar yang lainnya, Sofjan Assauri juga menuturkan bahwa marketing mix merupakan kombinasi dari sejumlah variabel atau kegiatan sebagai inti dari suatu sistim pemasaran. Variabel ini dapat dikendalikan oleh sistim pemasaran sehingga akan mempengaruhi respon dan reaksi dari konsumen.

  Pengertian Seni Lukis, Unsur, Teknik, Alat dan Bahannya

Pengertian Marketing Mix Secara Umum

pengertian marketing mix
lucidchart.com

Secara umum marketing mix adalah suatu bentuk strategi untuk memasarkan suatu produk dengan menggabungkan beberapa elemen dalam suatu marketing mix yang terpadu.

Dalam sebuah pemasaran produk, tentunya semua perusahaan ingin mendapatkan kesuksesan dalam mengelola bisnis tersebut. Pemasaran merupakan salah satu cara untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Apabila Anda dapat menerapkan strategi pemasaran yang benar dan matang, maka hasil akhir yang dapat Anda capai tentu sesuai dengan target yang ditetapkan.

Secara sederhana, apapun jenis produk dan jasa yang Anda hasilkan kemudian ditawarakan kepada konsumen apabila Anda tidak memasarkan dengan benar dan baik maka hasilnya akan sia-sia.

Tujuan Marketing Mix

Setiap kegiatan yang dilakukan tentunya memiliki tujuan yang ingin dicapai. Bauran pemasaran ini juga dibuat untuk bisa membantu Anda dalam mencapai tujuan perusahaan terutama pencapaian tentang produk dari yang dihasilkan oleh perusahaan. Tujuan marketing mix secara rinci adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Advertising (Periklanan)

Dalam sebuah bauran pemasaran, periklanan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk memperkenalkan produk Anda.

Tujuan utama dari advertising ini antara lain agar informasi apapun tentang produk tersebut dapat tersampaikan kepada konsumen yang menjadi target dari pemasaran. Dengan cara ini maka Anda dapat meningkatkan penjualan produk tersebut.

2. Sebagai Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Tujuan dari kegiatan promosi penjualan adalah sebagai cara untuk meningkatkan volume penjualan. Banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melalukan promosi, misalnya dengan memberikan diskon, memberikan kupon, mengadakan kontes, atau bisa juga dengan memberikan sampel produk kepada calon konsumen.

Sales promotion biasanya telah terjadwal secara rinci tentang apa saja jenis kegiatannya, waktu kegiatan, dan juga sasaran dari promosi tersebut. Semua kegiatan dirancang agar konsumen mau membeli produk yang ditawarkan. Biasanya kegiatan sales promotion ini adalah kegiatan jangka pendek dan tidak dilakukan berulang-ulang.

3. $Media Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Yang dimaksud dengan direct marketing adalah suatu sistim marketing interaktif dengan memanfaatkan beberapa media iklan yang tujuannya untuk menghasilkan respon atau transaksi dari suatu lokasi yang telah ditentukan.

Selain itu pemasaran langsung juga berguna untuk mengkomunikasikan secara langsung kepada konsumen tentang produk dan jasa yang dihasilkan.

Konsep Marketing Mix

konsep marketing mix
ytimg.com

Bicara tentang marketing mix, konsep umum yang wajib diketahui dan dilaksanakan oleh semua pelaku bisnis adalah konsep 4P yang fokus pada 4 hal yaitu produk, price, place, dan promotion.

  Pengertian dan Fungsi Microsoft Access

Seiring dengan perkembangan pasar yang mengalami pergerakan yang dinamis, para pengamat menyatakan perlunya menambah beberapa poin pada konsep tersebut yang saat ini lebih populer dengan istilah marketing mix 7P.

1. Aspek Product (Produk)

Produk adalah semua hal yang dihasilkan oleh perusahaan baik produk barang maupun jasa yang mempunyai nilai guna serta dibutuhkan oleh masyarakat sebagai konsumen.

Kunci utama dalam menghasilkan produk adalah harus dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan dari konsumen agar bisa diterima dengan baik dan target penjualan dapat tercapai.

2. Aspek Price (Harga)

Yang dimaksud dengan harga adalah nilai uang yang harus diberikan oleh konsumen agar bisa mendapatkan barang atau jasa yang mereka inginkan.

Aspek harga ini menjadi penting dalam bauran pemasaran karena konsumen pasti akan membandingkan harga suatu produk yang sama dengan produsen lainnya sebelum memutuskan untuk membelinya.

3. Aspek Place (Tempat)

Tempat usaha atau lokasi toko dapat menjadi pertimbangan yang cukup penting. Lokasi yang Anda pilih harus merupakan tempat yang strategis agar mudah dikunjungi oleh konsumen.

4. Aspek Promotion (Promosi)

Kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk barang dan jasa yang Anda hasilkan termasuk dalam definisi promosi. Tujuannya adalah setelah konsumen mengetahui produk Anda maka akan melakukan pembelian sehingga bisa memperoleh pendapatan.

5. Aspek Process (Proses)

Proses dalam dunia bisnis dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Contohnya adalah proses transaksi, proses tawar menawar, dan proses jual beli.

6. Aspek People (Orang)

People dalam konsep ini bukan hanya konsumen saja, namun pihak lain yang keseluruhannya terlibat dalam konsep pemasaran ini. Termasuk didalamnya adalah para pekerja, manajerial, dan tim bisnis.

7. Aspek Phisycal Evidence (Bukti Fisik)

Yang dimaksud dengan physical evidence adalah semua bentuk perangkat yang dapat digunakan sebagai pendukung perjalanan bisnis Anda. Untuk perusahaan skala besar tentunya membutuhkan semakin banyak peralatan dengan fungsi yang kompleks juga.

Pengertian marketing mix pada dasarnya adalah suatu bentuk kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan produk melalui konsep yang tertata dan terjadwal sehingga konsumen tertarik pada produk yang ditawarkan.

Tujuan akhir dari suatu pemasaran adalah timbulnya transaksi penjualan yang akan membuat Anda menghasilkan laba demi keberlangsungan usaha.

Baca juga artikel terkait lainnya seperti pengertian pemasaran dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Leave a Comment