Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Konsepnya

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli – Apasih sebenarnya arti dari pemasaran? Secara umum, pemasaran memiliki arti suatu kegiatan yang menyeluruh, terpadu dan terencana yang dilakukan oleh perorangan atau sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan suatu usaha. Hal ini berupa komunikasi, penyampaian dan tawar menawar hingga tercapai sebuah kesepakatan.

Secara sederhana, definisi pemasaran lebih ditekankan pada proses pengenalan produk atau servis yang dilakukan produsen kepada konsumen secara potensial. Aspek-aspek pemasaran meliputi periklanan, promosi, penjualan serta public relation.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Sedang pengertian berbeda lainnya dipaparkan oleh para ahli. Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang pemasaran. Berikut pengertian pemasaran menurut para ahli.

1. John Westwood

Menurut john westwood pemasaran berarti sebuah usaha terpadu yang dilakukan oleh satu orang untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memberikan laba atau keuntungan kepada perusahaan.

2. Tung Dasem Waringin.

Pengertian pemasaran menurut para ahli yang berikutnya adalah sebagai media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

3. Philip Kotler

Menurut definisi Kotler, pengertian dari pemasaran adalah sebuah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh orang perseorangan ataupun suatu kelompok. Aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan dengan cara membuat suatu produk dan menukarnya dengan nominal yang besar kepada pihak lain.

4. Jay Abraham

Pengertian pemasaran menurut jay Abraham adalah sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara menyuguhkan pelayanan terbaik kepada para konsumen.

5. William J. Stanton

Pengertian pemasaran menurut para ahli yang ke lima dikemukakan oleh William. Definisinya menjelaskan bahwa pemasaran adalah sistem keseluruhan yang mencakup beberapa kegiatan bisnis atau usaha.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga dari suatu barang atau jasa, lalu mempromosikannya dan mendistribusikannya sehingga bisa memuaskan para konsumen.

6. Hair dan Mc. Daniel

Menurut Hair dan Mc. Daniel pengertian dari pemasaran adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan.

Gagasan tersebut berupa barang atau jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen hingga tercapainya sebuah tujuan dari organisasi.

7. Basu dan Hani

Selanjutnya pengertian pemasaran menurut para ahli dituturkan oleh Basu dan Hani. Keduanya berpendapat bahwa pemasaran adalah sebuah proses atau kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa serta penentuan harga barang tersebut.

Hal itu diteruskan dengan dilakukannya promosi serta distribusi dimana tujuan dari keseluruhan proses pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan dan akhirnya memperoleh laba.

  Pengertian Ideologi Pancasila

Fungsi Pemasaran

fungsi pemasaran
pojokbisnis.com

Setelah anda membaca beberapa definisi pengertian pemasaran menurut para ahli, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui apa saja yang menjadi fungsi dari pemasaran itu sendiri. Ada beberapa fungsi pemasaran yang wajib Anda ketahui.

1. Fungsi Pertukaran

Dengan adanya kegiatan pemasaran, maka konsumen dapat mengetahui lalu kemudian membeli produk yang dijual oleh produsen. Baik dengan melakukan produk dengan uang ataupun menukar produk dengan produk lainnya.

Produk tersebut bisa Anda pakai sendiri atau bisa dijual lagi yang kemudian akan menghasilkan laba.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Pemasaran juga dapat dalam bentuk distribusi fisik terhadap produk. Dimana distribusi dilakukan dengan cara menyimpan produk atau malah mengangkutnya. Proses pengangkutan bisa dilakukan melalui jalur darat, air dan udara.

3. Fungsi Perantara

Fungsi perantara dari pemasaran merupakan aktivitas penyampaian suatu produk dari produsen kepada konsumen. Aktivitas tersebut dilakukan melalui perantara marketing yang menghubungkan antara kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik.

Pada proses aktivitas perantara terjadi juga hak kain yang meliputi kegiatan pembiayaan, kegiatan pencarian informasi, serta kegiatan klasifikasi produk dan lain sebagainya.

Jenis Pemasaran

jenis pemasaran
siunthel.blogspot.com

Setelah mengetahui pengertian pemasaran menurut para ahli serta mengetahui fungsi dari pemasaran itu sendiri, ini saatnya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis dari pemasaran. Jenis-jenis pemasaran terbagi menjadi 5 jenis diantaranya.

1. Word of Mouth Marketing

Jenis pemasaran yang satu ini biasa disingkat dengan sebutan WOMM. Pengertian marketing jenis WOMM atau mulut ke mulut ini  adalah calon konsumen mendapatkan informasi produk dari konsumen yang lainnya.

Hal ini menjadi kebiasaan mereka sebagai konsumen saat sedang berkumpul atau menghadiri sebuah acara bersama. Mereka pasti akan membicarakan segala hal yang mereka nilai penting. Meskipun cara ini tergolong tua, namun masih sangat ampuh.

2. Call to Action

Jenis pemasaran yang satu ini biasanya memanfaatkan website  yang memakai text, grafik serta elemen web yang lainnya. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk menarik konsumen secara online karena jangkauan konsumen yang lebih luas.

Namun demikian, hal ini bukan berarti pemilik website tersebut tidak melakukan analisis sebelumnya. Pemasaran dengan model CTA ini malah justru harus benar-benar spesifik. Itu karena sebagian pengunjung lebih suka mencari suatu produk melalui kata kunci.

3. Relationship Marketing

Sebagian orang berpendapat bahwa pemasaran melalui relationship marketing jauh lebih efektif dibanding dengan jenis yang lainnya. Bahkan banyak sekali perusahaan yang melakukan cara ini ketimbang harus susah payah dan menghabiskan dana untuk mencari konsumen baru.

  Pengertian Data Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenisnya

Alasan yang menguatkan pilihan ini adalah karena kebanyakan dari para pelanggan atau konsumen lebih loyal ketika suatu perusahaan meluncurkan produk baru.

4. Cloud Marketing

Jenis pemasaran yang selanjutnya memang terbilang masih baru. Cloud marketing menganut cara memasukan semua sumberdaya dan asetnya melalui online. Salah satu cloud marketing yang terkenal adalah affiliate program yang dilakukan oleh Amazon.

Amazon memungkinkan associates untuk memodifikasi serta mengembangkan sumber daya yang ada. Tidak heran jika buku, acara di televisi serta film dan lainnya dapat diakses secara online oleh konsumen melalui Kindle Fire.

5. PR Marketing

Jenis pemasaran yang terakhir adalah PR marketing. Public Relation Marketing merupakan salah satu jenis pemasaran  yang paling penting. Banyak sekali perusahaan yang melakukan strategi pemasaran dengan jenis ini.

Perusahaan bekerjasama dengan media untuk menumbuhkan rasa kesadaran akan pentingnya produk yang mereka tawarkan. Sehingga keuntungan yang ada pada produk ini bisa dimiliki juga oleh para konsumen.

Konsep Pemasaran

pengertian pemasaran menurut para ahli
pojokbisnis.com

Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang mengutarakan bahwa pemenuhan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Ada tiga konsep pemasaran berikut dibawah ini.

1. Orientasi pada Konsumen

Orientasi pada konsumen meliputi penentuan kebutuhan pokok dari pembeli, dan menentukan kelompok pembeli yang akan dijadikan sasaran penjualan. Berikutnya menentukan produk dan program pemasarannya.

Selanjutnya, Anda perlu mengadakan sebuah penelitian tentang keinginan konsumen, dan yang terakhir menentukan strategi yang baik yang menitikberatkan pada harga yang murah, model yang terkini atau mutu yang tinggi.

2. Penyusunan Kegiatan Pemasaran secara Integral

Ini berarti bahwa setia orang yang menjadi bagian dari sebuah perusahaan turut andil untuk mengkoordinir agar konsumen terpuaskan. Hal itu meliputi harga jual harus sesuai dengan kualitas, promosi harus yang efektif dan sesuai serta hal penting lainnya.

3. Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen merupakan faktor yang paling penting. Karena hal ini akan menentukan apakah nantinya sebuah perusahaan ini akan mendapat laba atau tidak. Bukan berarti kepuasan konsumen harus dipaksakan namun lebih pada bagaimana mendapat keuntungan dari kepuasan konsumen.

Nah pembahasan diatas sudah menjelaskan apa pengertian pemasaran menurut para ahli berikut dengan fungsi, jenis serta konsepnya. Semoga pembahasan ini bisa menjadikan tambahan wawasan untuk Anda yang ingin memulai sebuah usaha pemasaran.

Leave a Comment