Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Menurut Para Ahli

Pada awalnya pendidikan kewarganegaraan mulai berkembang pada tahun 1790 di Amerika Serikat. Pengertian pendidikan kewarganegaraan dalam hal ini adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pembentukan diri dari segala sisi termasuk agama, bahasa, sosial budaya, suku bangsa, dan usia sehingga menjadi warga negara yang berkarakter sesuai amanat dari Pancasila dan UUD 1945.

Definisi pendidikan kewarganegaraan yang lain adalah sebuah wahana atau tempat bagi warga negara untuk bisa mengambangkan serta melestarikan moral dan nilai luhur yang telah mengakar sebagai budaya Indonesia.

Ilmu kewarganegaraan ini digunakan sebagai sara pendidikan bagi semua warga negara akan hak dan kewajibannya sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia.

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Menurut Ahli

Pendidikan kewarganegaraan pada awalnya adalah sebuah terjemahan dari bahasa Inggris yang berbunyi Civic Education.

Kata ini kemudian dipindahkan ke bahasa Indonesia sebagai pendidikan Kewargaan dan berubah menjadi Pendidikan Kewarganegaraan. Pemahaman lain tentang definisi pendidikan kewarganegaraan ini juga disampaikan oleh beberapa ahli antara lain:

1. Soedijarto

Pendapat dari Soedijarto ini mengemukakan bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan politik yang dipelajari dengan tujuan untuk membantu siswa agar bisa menjadi warga negara yang berpikir dewasa tentang pengetahuan politik. Harapan akhirnya adalah setiap warga negara bisa ikut berpartisipasi untuk membangun sistem demokrasi yang baik.

2. Merphin Panjaitan

Menurut Merphin Panjaitan, pendidikan kewarganegaraan adalah sebuah metode pendidikan demokrasi dimana tujuannya adalah mendidik setiap generasi penerus bangsa agar bisa menjadi warga negara yang berjiwa partisipati dan demokratis.

Metode pendidikan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah, pendidikan yang berbasis dialogical sehingga mudah untuk dimengerti oleh para siswa.

3. Henry Rendall Waite

Seorang Henry Rendall Waite mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan pendidikan kewarganegaraan adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia yang telah terorganisir dengan baik melalui suatu organisasi sosial, politik, ekonomi, dan hubungan warga negara dengan negaranya.

4. Azyumardi Azra

Seorang pakar Azyumardi Azra mengungkapkan bahwa pendidikan kewarganegaraan adalah ilmu yang mempelajari tentang kajian dan pembahasan segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem pemerintahan termasuk tentang lembaga demokrasi, rule of law, konstitusi, demokrasi, dan juga hak serta kewajiban sebagai warga negara. Tujuannya adalah untuk membangun karakter bangsa di era globalisasi.

5. Kerr

Pendidikan kewarganegaraan menurut Kerr adalah sebuah ilmu pengetahuan yang luas dimana dalam ilmu ini terdapat pembahasan tentang tahapan tentang peran dan tanggung jawab serta mempersiapkan generasi penerus bangsa.

  Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Pendidikan kewarganegaraan berisi tentang semua materi yang ada dalam sebuah kegiatan belajar mengajar di sekolah.

6. Azis Wahab dan Cholishin

Menurut penuturan dari Azis Wahab, pendidikan kewarganegaraan adalah sarana bagi warga negara Indonesia terutama untuk para siswa agar sadar, tanggung jawab, memiliki pola pikir cerdas akan hidup di Indonesia.

Dengan pendidikan kewarganegaraan ini diharapkan para siswa akan sadar untuk cinta tanah air Indonesia dengan segala kewajibannya.

Sedangkan Cholishin mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan pendidikan kewarganegaraan adalah suatu program tentang konsep umum seperti ketatanegaraan, hukum negara, politik, serta teori umum lainnya tentang kewarganegaraan. Ilmu ini akan diberikan kepada seluruh warga negara Indonesia.

7. Permendikbud

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendikbud) No. 22 tahun 2006 tentang standar isi satuan pendidikan untuk pendidikan dasar dan menengah, menerangkan bahwa pendidikan kewarganegaraan adalah suatu mata pelajaran yang point utamanya adalah untuk lebih memberikan pemahaman dan pengetahuan akan hak dan kewajiban setiap warga negara.

Pendidikan ini untuk membentuk jiwa nasionalis sehingga tercipta warga negara uang memiliki kecerdasan, keterampilan, karakter berdasarkan pada Pancasila sesuai kedudukannya sebagai pandangan hidup dan dasar negara Indonesia.

Perlunya pendidikan kewarganegaraan ini adalah untuk lebih mengingatkan akan sikap yang harus ditunjukkan sebagai warga negara yang baik.

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan  Secara Argumentatif

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
blog.nationalgeographic.org

Secara argumentatif, makna dari pendidikan kewarganegaraan adalah suatu ilmu dari bentuk mata pelajaran yang terdiri dari berbagai proses yang berada pada satu rangkaian pembelajaran dengan tujuan untuk mengarahkan para siswa agar menjadi seorang warga negara yang memiliki karakter kokoh dalam berbangsa dan bernegara.

Proses ini ditempuh agar muncul rasa tanggung jawab, berfikir cerdas dan terampil sesuai Pancasila dan UUD 1945.

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Secara Etimologis

Pengertian dari pendidikan kewarganegaraan secara etimologis yaitu terdiri dari kata pendidikan dan kewarganegaraan.

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata pendidikan adalah sebuah proses pengubahan dari sikap dan tata laku baik perorangan maupun kelompok sebagai usaha untuk mendewasakan diri. Proses ini didapat melalui pelatihan dan juga pengajaran.

Sedangkan arti kata kewarganegaraan yaitu semua hal yang berhubungan dengan warga negara baik dalam artian keanggotaan maupun kedudukannya sebagai warga negara.

  Pengertian Seni Lukis, Unsur, Teknik, Alat dan Bahannya

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pendidikan kewarganegaraan adalah suatu cara atau proses mempelajari dan mengembangkan semua hal yang berkaitan dengan karakter warga negara yang sesungguhnya.

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Secara Umum

pengertian pendidikan kewarganegaraan
worldtravelguide.net

Secara umum, definisi pendidikan kewarganegaraan yaitu sebuah cara atau proses dalam upaya untuk mengembangkan beberapa nilai tentang warga negara dalam kaitannya dengan karakteristik melalui suatu proses pembelajaran atau pendidikan formal.

Dengan kata lain, pendidikan kewarganegaraan digunakan untuk membentuk jiwa para siswa agar mampu menjadi warga negara yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia.

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Secara Yuridis

Dilihat dari definisi pendidikan kewarganegaraan secara yuridis dapat anda ketahui melalui beberapa peraturan perundangan yang telah mengatur dan menjelaskan tentang definisi tersebut. Beberapa peraturan yang mengungkapkan tentang pendidikan kewarganegaraan antara lain:

  1. Menurut Undang-Undang RI No.12 Tahun 2006 pada Pasal 1 Ayat 2 yang berbunyi kewarganegaraan adalah hal apapun yang menyangkut warga negara.
  2. Menurut Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 pada ayat Penjelasan Pasal 37 disebutkan bahwa yang dimaksud dengan pendidikan kewarganegaraan adalah sebuah ilmu pengetahuan yang dipelajari dengan tujuan untuk membentuk para siswa agar menjadi manusia yang cinta tanah air dan mempunyai rasa kebangsaan yang tinggi.

Pengertian pendidikan Kewarganegaraan Secara Terminologis

Pendidikan Kewarganegaraan dalam arti terminologis merupakan gabungan dari dua kata yaitu “pendidikan” dan “kewarganegaraan”.

Secara terpisah pendidikan mempunyai arti suatu usaha yang telah terencana pada proses pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan belajar sebagai langkah untuk mengembangkan potensi diri masing-masing siswa.

Sedangkan arti dari kewarganegaraan adalah semua hal yang ada kaitannya dengan warga negara. Dengan definisi tersebut secara terminologis, pendidikan kewarganegaraan dapat diartikan sebagai suatu program yang isinya tentang demokrasi politik yang dipadukan dengan beberapa ilmu pengetahuan lain agar mampu bersikap, analitis, dan bertindak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Inti dari pengertian pendidikan kewarganegaraan adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang proses dan tata cara, sikap, serta hak dan kewajiban sebagai panduan untuk menjadi seorang warga negara yang baik berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Tujuan dari pendidikan ini adalah agar masing-masing warga negara terbangun jiwa cinta tanah air yang kokoh.

Leave a Comment