Pengertian Rule of Law

Sebagai warga negara Indonesia, pasti Anda pernah mendengar istilah pengertian Rule of Law. Di mana rule of law ini merupakan salah satu prinsip hukum yang menyebutkan bahwa hukum dalam sebuah negara bukan semata-mata keputusan dari pejabat pemerintahan secara individual.

Untuk lebih jelasnya dapat Anda simak penjelasan berikut.

Pengertian Rule of Law secara Umum

Dalam Rule of law terdapat suatu konsep civil law yang berarti bahwa konsep Rule of law ini dapat membuat seluruh lapisan yang ada di dalam suatu masyarakat maupun lembaga yang mengedepankan hukum dengan menggunakan prinsip keadilan yang legalitasnya terjamin.

Rule of law juga dapat diartikan sebagai suatu hukum yang sudah muncul dari abad 19 bertepatan dengan lahirnya negara konstitusi juga negara demokrasi. Seiring dengan lahirnya rule of law dan pertumbuhan demokrasi serta munculnya beberapa peran peran parlemen maupun senat meningkat.

Meningkatnya peranan parlemen tersebut memiliki upaya dalam penyelenggaraan negara serta sebagai reaksi pada negara yang memiliki sikap absolute yang mana sebelumnya telah berkembang.

Pengertian Rule of Law menurut Para Ahli

Pengertian Rule of Law
newrepublic.com

1. Friedman

Menurut Friedman pengertian dari rule of law dapat dibedakan menjadi dua yaitu pengertian secara formal dan secara hakiki.

  • Pengertian formal, rule of law berarti bentuk kekuasaan umum yang terorganisasi seperti sebuah negara.
  • Secara hakiki, salah satu bentuk penegakkan Rule of Law yang mana pengertian tersebut menyangkut ukuran dalam sistem hukum yang baik atau buruk.

2. Satjipto Raharjo

Satjipto Raharjo menyebutkan, Rule of Law berarti salah satu bentuk lembaga sosial yang di dalamnya terdapat struktur sosial tersendiri dan dapat digunakan untuk memperakar budaya sendiri.

Dalam hal ini Rule of Law berarti bisa berkembang atau bahkan tumbuh selama ratusan tahun yang sejalan dengan pertumbuhan masyarakat Eropa. Dengan demikian bisa memperkuat adanya sosial dan budaya Eropa yang bukan suatu institusi netral.

3. Philipus M. Hadjon

Menurut Philipus M. Hadjon. Rule of Law yaitu bentuk negara hukum yang berdasarkan istilah dari bahasa Belanda “rechtsstaat”.

Istilah “rechtsstaat” lahir karena sebab kekuasaan raja yang bertindak sesuka hati atau semena-mena supaya dapat mewujudkan suatu negara yang berdasarkan pada aturan undang-undang. Sehingga proses perkembangannya, istilah “rechtsstaat” lebih mempunyai ciri yang lebih kompleks dan revolusioner.

  Pengertian Seni Lukis, Unsur, Teknik, Alat dan Bahannya

4. Friederich J. Stahl

Rule of Law memiliki beberapa unsur pokok seperti hak-hak manusia, pemerintah yang didasarkan atas peraturan-peraturan, pemisahan maupun pembagian kekuasaan guna menjamin hak-hak manusia, dan adanya peradilan administrasi dalam suatu perselisihan.

5. Sunarjati Hartono

Menurut Sunarjati Hartono, pengertian dari Rule of Law adalah haru dapat menjamin apa yang sudah diperoleh oleh masyarakat maupun bangsa yang memiliki sangkut paut dengan dengan keadilan, terlebih pada suatu keadilan sosial.

Contoh Rule of Law

Contoh Rule of Law
frontiermyanmar.net
  1. Rule of Law saling menjaga kedamaian yang ada di dalam lingkungan masyarakat.
  2. Bersama dengan demokrasi, Rule of Law diaharapkan dapat saling menjaga kedamaian dalam lingkungan masyarakat.
  3. Melalui adanya kegiatan musyawarah di dalam masyarakat melakukan kegiatan pemilihan organisasi.
  4. Ikut aktif mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh lingkungan ataupun masyarakat tempat Anda tinggal.
  5. Rule of Law Bersama dengan demokrasi diharapkan dapat memberikan usulan yang bernilai positif serta memiliki makna demi dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh seluruh masyarakat.
  6. Dengan adanya Rule of Law maka dapat memberikan usulan serta kritikan yang positif dengan saran yang memiliki sifat membangun. Dan juga diharapkan dapat memberikan usulan suatu kritikan maupun saran untuk terwujudnya tujuan yang terdapat di dalam sebuah organisasi.
  7. Ikut serta berpartisipasi dalam masyarakat.
  8. Dapat ikut serta mengambil bagian dalam memecahkan masalah serta mencapai mufakat demi tercapainya tujuan Bersama.
  9. Dapat menerima dan menghargai pendapat orang lain. Kemudian merumuskan suatu pendapat yang mana dirasa akan lebih condong menghasilkan keputusan yang lebih baik.
  10. Mengatasi suatu masalah yang terdapat di dalam suatu organisasi dengan logika maupun dengan pikiran yang jernih. Atau dapat juga dengan menyelesaikan masalah dengan dilengkapi bukti yang logis.
  11. Ikut bersama dengan pemilihan umum baik di tingkat negara, kabupaten, maupun desa.

Ciri-Ciri Demokrasi Rule of Law

  1. Segala keputusan yang dikerjakan pemerintah wajib didasarkan pada kehendak serta harus memiliki tujuan dalam kepentingan rakyat.
  2. Mempunyai ciri-ciri konstitusional, yaitu terkait kehendak, kepentingan rakyat, kekuasaan yang dituliskan dalam sebuah undang-undang negara.
  3. Ciri perwakilan, yaitu saat semua urusan negara diatur, sebelumnya kekuasaan dan kedaulatan rakyat telah diwakilkan, maksudnya pada beberapa orang yang sudah dipilih oleh rakyat.
  4. Ciri proses pemilihan umum, salah satunya adalah segala aktivitas politik yang dilakukan secara sengaja dapat mencapai tujuan dalam menggerakkan roda pemerintahan.
  5. Ciri kepartaian, yaitu suatu partai yang menjadi media maupun sarana untuk bahan pelaksana dengan sistem demokrasi.
  Pengertian Iklan Baris, Ciri, Jenis dan Contohnya

Strategi Pengembangan atau Pelaksanaan Rule of Law

Pelaksanaan Rule of Law
gannett-cdn.com
  1. “the enforcement of the rules law” atau keberhasilan wajib didasarkan dan dicocokkan dengan masyarakat hukum terkait.
  2. Sebagai suatu institusi sosial Rule of Law, maka sebaiknya didasarkan pada akar budaya yang berkembang bagi bangsa.
  3. Rule of Law adalah sebuah legalisme yang mencakup wawasan sosial, masyarakat serta negara, gagasan terkait hubungan sesama manusia, harus bisa ditegakkan secara adil, serta hanya berpihak pada keadilan.

Prinsip-Prinsip Rule of Law

  1. Prinsip Secara Materiil maupun Hakiki, Rule of Law yaitu:
  2. Jelasnya hubungan terkait the enforcement of the Rule of Law
  3. Kepribadian nasional bagi masing-masing bangsa bergantung pada keberhasilan the enforcement of the rule of law.
  4. Sebuah rule of law juga memiliki dasar sosial serta dengan akar budaya Eropa
  5. Sebuah rule of law juga harus memiliki legalisme, gagasan hubungan sesama manusia, aliran pemikiran hukum, mengandung nilai wawasan sosial, masyarakat dan negara. Serta
  6. Rule of law berarti salah satu legalisme negara liberal.
  7. Prinsip Formal Rule of Law dalam UUD 1945
  8. Berdasarkan pasal 1 ayat 3 UUD 1945, negara Indonesia merupakan suatu negara hukum
  9. Menurut pasal 27 ayat 1 pembukaan UUD 1945, memiliki arti bahwa seluruh warga negara dapat menunutut hak yang sama atas kedudukan yang sama di muka hukum dan pemerintahan, di mana wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tanpa adanya pengecualian.
  10. Pasal 28 D ayat 1 pembukaan UUD 1945, berbunyi bahwa setiap masyarakat mempunyai hak atas perlindungan, jaminan, serta pengakuan, selain itu hak kepastian hukum yang adil dan hak atas perlakuan adil di mata hukum
  11. Pada pasal 28 D ayat 2, warga negara Indonesia asli seluruhnya, memiliki hak untuk dapat tetap bekerja menyelesaikan tanggung jawab sehingga nantinya akan mendapatkan imbalan, ataupun perlakuan yang adil dan sangat layak dalam hubungan kerja.

Apabila Anda dapat memahami pengertian Rule of Law beserta penjelasan yang telah diuraikan dalam bahasan di atas. Tentu Anda dapat lebih paham hukum yang berlaku di Indonesia.

Leave a Comment