Pengertian Seni Lukis, Unsur, Teknik, Alat dan Bahannya

Pengertian Seni Lukis – Mayoritas orang memang merupakan pecinta seni, entah lukis, drama musik dan lainnya, mungkin juga termasuk Anda. Karena kecintaannya tersebut menjadikan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memuaskan hasrat seni mereka.

Tak terkecuali bagi Anda yang menggemari seni lukis, pasti Anda tidak segan untuk membeli lukisan atau bahkan membuatnya sendiri sebuah lukisan yang meemiliki nilai estetika yang tinggi. Namun apa sebenarnya pengertian seni lukis?

Secara umum, definisi seni lukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi maupun permukaan objek tiga dimensi hingga mendapat kesan tertentu. Namun ada perbedaan pendapat mengenai arti dari seni lukis menurut para ahli.

Pengertian Seni Lukis Menurut para Ahli

pengertian seni lukis
kangeryu.blogspot.com

Selain pengertian diatas, pengertian berbeda tentang seni lukis juga dikemukakan oleh beberapa ahli dibawah ini.

1. Soedarso SP

Sebuah karya lukis ialah karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman batinnya. Pengalaman tersebut disajikan secara indah dan menarik sehingga mampu merangsang timbulnya pengalaman batin sesorang saat menghayati karya seni tersebut

2. Herbert Read

Bahwa karya seni lukis merupakan sebuah kegiatan rohani yang direfleksikan pada jasmani serta mempunyai daya yang bisa membangkitkan jiwa.

3. Soni Ade dan Imam R

Menurut Soni Ade dan Imam R pengertian dari seni lukis ialah kekuatan sebuat peradaban manusia, yakni kekuatan budaya. Karena dalam melakukan kegiatan ini seseorang dituntut jeli, teliti serta cermat saat mengamati bermacam kejadian alam dan kehidupan.

4. Jim Supangat

Menurut Jim, seni lukis merupakan suatu upaya penegasan kembali pengalaman di masa lampau dalam konteks yang sekarang.

5. Aristoteles

Penjelasan yang cukup singkat dari Aristoteles bahwa seni lukis adalah sesuatu yang bukan hanya baik namun juga menyenangkan.

6. Myers

Pengertian seni lukis yang terakhir dikemukakan oleh Myers ia menyimpulkan bahwa seni lukis ialah kegiatan rohani yang didalamnya merefleksikan pada jasmani. Tidak hanya itu kegiatan tersebut juga dapat membangkitkan perasaan atau jiwa.

Unsur Seni Lukis

unsur seni lukis
moondoggiesmusic.com

Ada  dua unsur yang mendukung seni lukis yakni unsur visual dan unsur non visual. Unsur visual sendiri mengandung material visual serta bisa dilihat dan dibuat oleh sang pelukis sesuai dengan yang ia inginkan. Dibawah ini beberapa unsur penunjang seni lukis.

1. Garis

Garis merupakan elemen dasar dari seni lukis. Dimana garis dapat dibentuk dari dua titik yang berjauhan kemudian diisikan gambar. Garis memiliki fungsi sebagai pembatas untuk beberapa jenis dan bentuk gambar.

  Pengertian Rule of Law

Garis terbagi menjadi dua yakni garus buatan dan garis alamiah. Contoh garis buatan adalah kontur wajah,bentuk rumah dan sebagainya. Sedangkan garis alamiah contohnya adalah batas antara laut dengan langit, gunung, pantai dan yang lainnya.

2. Bidang

Elemen bidang menggunakan lebih dari dua sisi yakni sisi panjang dan lebar. Bentuknya merupakan teknik dasar bagi pelukis untuk membuat obyek yang dibuatnya terlihat lebih hidup.

3. Ruang

Ruang merupakan elemen tertinggi dalam teknik pelukisan. Ruang dapat digunakan sebagai gambar objek alam, benda timbul, ataupun benda yang memiliki 3 dimensi bahkan 4 dimensi.

4. Warna

Warna untuk membentuk sebuah seni lukis mencakup warna primer dan sekunder. Jenis warna lain yang biasa digunakan ialah warna gradasi seperti kuning ke hijau ataupun warna yang tingkat gradasinya lebih jauh seperti dari ungu ke kuning lalu beralih ke merah.

5. Pengalaman dan Pandangan Hidup

Meskipun berada dalam satu aliran, terkadang cara penggambaran sebuah seni lukis berbeda. Hal ini merupakan pengaruh dari pandangan hidup serta pengalaman dari si pelukis itu sendiri.

6. Imajinasi

Seni lukis adalah hasil imajinasi si pelukis yang ditumpahkan kedalam media yang lebih kecil. Oleh karenanya seorang pelukis biasanya pandai berimajinasi.

7. Sikap Artistik dan Estetik

Sikap special ini tidak bisa dimiliki oleh semua orang, karena seni akan dinilai tinggi jika sudah berubah bentuk menjadi karya. Beberapa pelukis terkadang karyanya tenggelam karena tidak disertai pandangan yang menggambarkan bahwa seni itu indah.

8. Konsep

Konsep merupakan sketsa awal atau peta awal ketika Anda akan menggambarkan lukisan dalam sebuah media. Memang ada beberapa pelukis yang tak berkonsep dan melukis dengan spontan. Namun jika alirannya jelas maka obyeknya juga akan jelas.

Teknik Seni Lukis

Teknik Seni Lukis
docplayer.info

Seni lukis memiliki beberapa teknik yang berbeda dalam penuangannya. Berikut penjelasannya.

1. Teknik Aquarel

Pengertian seni lukis dengan menggunakan teknik aquarel adalah melukis dengan media cat air, dengan sapuan yang tipis sehingga menghasilkan lukisan yang terkesan transparan.

2. Teknik Plakat

Teknik yang satu ini memanfaatkan alat cat air, cat akrilik atau cat minyak dengan sapuan yang tebal pada kanvas. Komposisi yang tebal inilah yang memberikan kesan penuh warna pada karya yang dihasilkan.

  Pengertian Anak Usia DIni

3. Teknik Spray

Sama sperti sebutannya bahwa teknik ini dilakukan dengan cara menyemprotkan cat ke media lukisnya. Dengan menggunakan teknik spray, lukisan yang didapat akan lebih terlihat halus seperti halnya grafity.

4. Teknik Pointilis

Pengertian seni lukis berdasarkan teknisnya adalah teknik lukis pointilis. Yakni sebuah teknik melukis dengan menggunakan titik-titik sehingga menghasilkan lukisan yang indah. Melukis dengan cara ini harus dilakukan dengan penuh kesabaran.

5. Teknik Tempera

Teknik selanjutnya adalah teknik tempera. Teknik ini terbilang unik karena menggunkan kuning telur dalam cat sebagai bahan perekatnya. Media yang digunakan dalam teknik ini biasanya adalah kayu, kanvas maupun tembok.

6. Teknik Basah

Teknik basah adalah cara melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan menggunakan minyak khusus cat. Setelah cat diencerkan barulah cat bisa diaplikasikan pada kanvas.

7. Teknik Kering

Teknik ini berbanding terbalik dengan teknik basah, karena di teknik kering cat tidak perlu diencerkan menggunakan minyak cat.

8. Teknik Campuran

Teknik yang ada dalam seni lukis yang terakhir adalah teknik campuran yakni merupakan teknik melukis yang memadukan antara teknik basah dengan teknik kering. Biasanya diawali dengan teknik kering dahulu kemudian diblok dengan teknik basah. Bisanya penambahan minyak cat dilakukan secara bertahap.

Alat dan Bahan Seni Lukis

alat seni lukis
imural.id

Adapun beberapa bahan dan alat yang Anda butuhkan ketika Anda akan memulai melukis adalah sebagai berikut.

1. Alat

Alat yang digunakan dalam kegiatan melukis meliputi kuas, palet, alat pembersih kuas, pisau palet serta easel atau penjepit kanvas.

2. Bahan

Sedangkan bahan yang dibutuhkan ketika Anda ingin belajar melukis adalah cat atau tinta. Cat atau tinta yang sering digunakan untuk melukis antara lain: cat air, cat minyak, cat poster, cat tekstil, cat akrilik, dan tinta bak.

Selain menggunakan cat atau tinta, Anda juga bisa memanfaatkan pewarna yang ada di sekitar Anda seperti pensil warna atau crayon.

3. Media Lukis

Media untuk melukis yang biasa digunakan adalah kertas, kanvas, dinding, pintu ataupun yang lainnya tergantung dari keinginan sang pelukis.

Demikian penjabaran tentang pengertian seni lukis beserta unsur dan teknik pembuatannya. Semoga informasi yang ada bisa menambah wawasan Anda dan bermanfaat untuk kemudian hari. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment