Pengertian Sequence Diagram dan Contohnya

Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai pengertian sequence diagram serta hal lain yang berkaitan dengan sequence diagram. Yang mana sequence diagram ini merupakan suatu bentuk dari diagram yang di dalamnya menggambarkan adanya kolaborasi antar sejumlah object yang dinamis.

Pengertian Sequence Diagram

Suatu bentuk diagram yang di dalamnya menggambarkan kolaborasi antar sejumlah object yang dinamis disebut dengan sequence diagram. Yang mana sequence diagram ini merupakan suatu bentuk dari diagram yang terdapat di dalam UML.

Sequence diagram tersebut seringkali dimanfaatkan untuk menunjukkan suatu rangkaian pesan yang antar object maupun interaksi dari berbagai object. Yaitu sesuatu yang terjadi pada hal-hal tertentu di dalam sebuah sistem.

Sebuah intraction diagram yang dimanfaatkan untuk bisa menjelaskan suatu skenario semantik juga dapat disebut sebagai sequence diagram. Yang mana dimanfaatkan juga dalam menjelaskan suatu interaksi berbagai objek.

Komponen-Komponen Sequence Diagram

pengertian sequence diagram
wikimedia.org

1. Object

Object berarti bahwa sebuah komponen dengan bentuk kotak yang mana dapat mewakili suatu object ataupun class. Yang mana object ini bisa mendemonstrasikan suatu object dapat berperilaku dalam sebuah sistem.

2. Activation Boxes

Activation boxes merupakan bentuk dari komponen seperti pesegi panjang yang dapat menggambarkan waktu di dalamya serta dibutuhkan oleh object lain dalam menyelesaikan tugas dalam kurun waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas lebih lama, maka activation boxes juga akan lebih panjang.

3. Actors

Actors merupakan suatu bentuk komponen dengan bentuk stick figur. Yang mana dalam sebuah actors ini adalah suatu komponen yang bisa mewakili pengguna melakukan interaksi dengan sistem yang sedang dijalankan.

4. Lifeline

Komponen dengan bentuk garis putus-putus disebut dengan lifeline. Biasanya bentuk lifeline ini di dalamnya terdapat sebuah kotak yang isinya beberapa nama dari beberapa object. Yang fungsinya untuk menggambarkan aktifitas object.

Contoh Squence Diagram

1. Administrator sebagai actors

contoh diagram squence
freezcha.wordpress.com

Dalam contoh sequence diagram yang mana administrator berperan sebagai actors. Selanjutnya yang menjalankan peran sebagai Activation boxes tentu mempunyai suatu garis yang dapat memberitahukan aktivitas yang mungkin terjadi saat actors maupun object saling berinteraksi dengan object lainnya.

2. Reservation Window

Contoh Sequence Diagram
visual-paradigm.com

Dalam sebuah sequence diagram, apabila Reservation window mengirim sebuah pesan kepada make Reservation ke sebuah hotel. Maka selanjutnya dari pihak hotel akan mengirim pesan yang sama ke hotel tersebut.

Apabila dalam hotel tersebut memiliki kamar kosong, maka secepatnya akan dibuat confirmation dan juga reservation. Dalam hal ini lifeline yang memiliki peran sebagai garis putus-putus atau garis dot juga terlibat, yang mana akan terlihat sebagai garis dot vertikal pada sebuah gambar untuk menerangkan kapan waktu terjadinya sebuah objek.

  Pengertian Sepak Bola, Tujuan, Sejarah dan Teknik Dasar

Dalam pemanggilan suatu pesan, maka akan terdapat suatu panah yang terlibat. Yang mana panah tersebut akan dikirim ke bagian yang paling atas dalam suatu kegiatan dari sebuah lifeline penerima.

Seberapa lama suatu pesan diproses diterangkan oleh activation bar. Misalnya pada gambar diagram, dapat diketahui bahwa sebuah hotel dapat melakukan pemanggilan secara mandiri dalam pemeriksaan apabila terdapat kamar yang kosong.

Apabila pemeriksaan tersebut benar, maka hotel akan segera membuatkan confirmation dan juga reservation. Pemanggilan diri sendiri tersebut seringkali disebut dengan iterasi. Dalam hal tersebut juga dapat dibuatkan sebuah catatan atau note yang dapat diletakkan di manapun dalam sebuah diagram UML.

Jenis-Jenis Diagram

jenis jenis diagram
3.bp.blogspot.com

1. Use Case Diagram

Suatu abstraksi dari sebuah interaksi antar berbagai sistem dan juga aktor disebut dengan use case. Di mana use case ini dapat bekerja dengan mendeskripsikan bentuk maupun tipe dari interaksi antar pengguna suatu sistem dengan sistem yang ada melalui suatu bentuk cerita yang menjelaskan bagaimana sistem tersebut digunakan.

Use case tersebut juga merupakan suatu bentuk konstruksi guna dapat mendeskripsikan suatu sistem bisa terlihat di depan mata pengguna atau user. Sedangkan yang memberikan fasilitas antara analis dengan user maupun analis dengan client disebut dengan use case diagram.

2. Class Diagram

Gambaran atau deskripsi suatu kelompok objek dengan property, relasi, serta operasi atau perilaku yang sama umumnya disebut dengan class. Sehingga dengan adanya class diagram diharapkan bisa memberi suatu pandangan secara global terkait suatu sistem.

Pandangan global tersebut seringkali tercermin dalam suatu class-class yang nyata serta telah memiliki relasi antar sesama. Kemudian perlu Anda ketahui juga bahwa di dalam sebuah sistem biasanya akan memiliki beberapa class diagram.

Class diagram yang ada sebenarnya akan sangat membantu dalam hal memvisualisasi struktur kelas dalam sebuah sistem.

3. Component Diagram

Salah satu bagian fisik dari sebuah sistem adalah komponen diagram. Sebab salah satu komponen diagram tersebut yaitu software tentunya menetap dalam suatu komputer tidak pernah berada dalam benak seorang analis.

Selanjutnya terdapat component, yang mana component ini adalah sebuah implementasi sebuah software dari satu atau lebih class. Komponen tersebut dapat berupa source code, executable component, atau component biner.

  Pengertian Microsoft Excel, Fungsi dan Fitur Istimewa Lengkap!

Dalam sebuah component biasanya berisi suatu sistem informasi terkait logic class maupun class yang memang dapat di implementasikan sehingga bisa membuat suatu pemetaan dari logical view ke dalam component view.

Sehingga dengan demikian, component suatu diagram diharapkan dapat merepresentasikan dunia riil seperti component suatu software yang berisi relationship, interface, dan component itu sendiri.

4. Deployment Diagram

Deployment diagram berarti suatu gambaran tata letak dari sebuah sistem secara fisik. Yang mana menggambarkan setiap bagian dari software yang berjalan di setiap bagian hardware, dalam hal ini deployment diagram menunjukkan adanya hubungan komputer dengan perangkat komputer satu sama lain serta jenis hubungan yang terjalin.

Dalam sebuah nodes maupun object yang sebelumnya di alokasikan guna menunjukkan suatu unit perangkat lunak tertentu yang selanjutnya akan dieksekusi oleh suatu node tertentu serta adanya suatu ketergantungan komponen.

5. State Diagram

Di dalam state diagram ini dapat tergambarkan kondisi suatu object dari sebuah class serta keadaan atau state yang dapat mengakibatkan berubahnya suatu keadaan. Kondisi tersebut dapat berupa suatu object lain yang mengirim pesan.

Akan tetapi state class tidak menggambarkan untuk seluruh class, namun hanya yang memiliki beberapa state saja yang dapat terdefinisi dengan kondisi serta keadaan baik, kondisi tersebut dapat berubah apabila dalam keadaan atau kondisi yang juga berbeda.

6. Sequence Diagram

Diagram yang dimanfaatkan untuk menggambarkan perilaku dalam suatu skenario adalah sequence diagram. Sequence diagram bertujuan untuk menunjukkan rangakaian pesan yang dikirim antar object dan interaksi dari antar object lainnya. Intinya terdapat sesuatu yang ada pada sebuah titik tertentu dalam suatu eksekusi sistem.

7. Collaboration Diagram

Collaboration diagram merupakan suatu diagram yang dapat menggambarkan bentuk kolaborasi yang dinamis, misalnya seperti seqeunce diagram. Untuk dapat menunjukkan pertukaran pesan, maka dengan adanya collaboration diagram dapat menggambarkan suatu object serta hubungannya yang mengacu pada konteks.

8. Activity Diagram

Activity diagram digunakan untuk menggambarkan suatu rangkaian aliran dari suatu aktivitas, yang mana activity diagram ini juga dimanfaatkan untuk menjelaskan aktivitas yang dibentuk melalui suatu operasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain seperti interaksi ataupun use case.

Apabila dipahami betul pengertian sequence diagram, komponen, contoh, serta jenis-jenis dari diagram yang ada. Tentu anda tidak lagi merasa bingung dengan apa yang dimaksud sequence diagram. Baca juga yang tak kalah penting mengenai pengertian iklan baris. Terima kasih

Leave a Comment