Peraturan Permainan Softball Lengkap

PERATURAN PERMAINAN – Softball adalah salah satu olahraga yang tidak terlalu populer di Indonesia, namun sangat menarik. Cabang olahraga hampir mirip dengan permainan Bola Kasti dan juga dimainkan dengan cara berregu. Setiap regu terdiri dari 9 orang dengan mengenakan seragam yang menarik dan banyak menggunakan istilah-istilah asing dalam teriakannya.

Olahraga ini bisa dimainkan oleh segala umur dan gender, baik laki-laki maupun perempuan.

Diperkenalkan pertama kali oleh seorang George Hancock di Chicago pada tahun 1891, hingga kini Softball masih diikutsertakan dalam sejumlah kejuaraan di Indonesia.

Permainan ini membutuhkan ketangkasan, kecerdikan, feeling yang kuat, serta kecepatak berlati dan koordinasi gerakan tubuh yang baik. Tidak bisa asal dalam bermain Softball, meski permainan ini terlihat mudah dilakukan. Sebab, sama seperti jenis olahraga lainnya, peraturan permainan Softball wajib dipatuhi.

Peraturan permianan Softball dibuat dengan tujuan tidak ada kecurangan antar pemain dan permainan bisa berjalan dengan lancar. Cukup banyak yang ditetapkan dalam olahraga ini. Yuk, kita simak bersama-sama informasinya.

Beberapa Peraturan Permainan Softball yang Penting Diketahui

permainan softbal
scdc.binus.ac.id

Pertauran permainan Softball diciptakan oleh induk organisasi Softball Internasional, ISF (International Softball Federation). Menurut ISF, peraturan permainan untuk olahraga Softball adalah sebagai berikut:

Peraturan Pemain

  1. Dalam satu tim terdiri dari 9 orang pemain yang dipimpin oleh kapten tim.
  2. Pergantian pemain harus memberitahukan pada umpire, yaitu wasit yang diam/duduk/berdiri di suatu tempat sambil mengamati pertandingan.
  3. Pemain yang sudah diganti tidak boleh bermain lagi.
  4. Susunan pemain dalam peraturan permainan Softball, adalah 1 orang pitcher’s (pelempar) pada posisi 1, 1 orang catcher’s (penangkap) pada posisi 2, 3 base man (posisi 3, 4, dan 5), 1 short stop pada posisi 6, dan penjaga lapangan (left field, center field, dan right field).
  Jumlah Pemain Softball dan Peraturan Permainan Lengkap Dengan Penjelasannya

Peraturan dalam Pertandingan

  1. Lama pertandingan Softball ditentukan oleh innng, yaitu 7 inning. Inning adalah kondisi di mana setiap regu bermain 1 kali sebagai regu pemukul dan 1 kali sebagai regu penjaga.
  2. Dilakukan pengundian dengan uang logam untuk menentukan tim penjaga (Home-Team/HT) dan tim pemukul (Visiting-Team/VT).
  3. Tim bisa dinyatakan menang langsung 7-0, jika tim lawan tidak datang di lapangan pada waktu pertandingan dimulai.
  4. Nilai atau angka tidak akan masuk apabila terjadinya angka bersamaan dengan terjadinya out ketiga di base 1 di katuk di tempat lain atau sebelum mencapai base.
  5. Peraturan permainan Softball terkait urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelum permainan dimulai.
  6. Terdapat 4 orang wasit dalam setiap pertandingan Softball, yaitu 1 orang wasit kepala dan 3 orang base umpire. Posisi penempatan wasit adalah wasit kepala berada di belakang catcher, dan base umpire bertugas di lapangan untuk menentukan mati atau tidaknya pukulan pemain di masing-masing base.

Cara Mendapatkan Angka

  1. Setiap pelari dengan pukulan yang baik dan dapat kembali dengan selamat akan mendapatkan 1 angka/poin.
  2. Setiap pelari yang menuju base harus menginjak base dan tidak boleh melewatkannya begitu saja. Jika dilewati dengan sengaja ataupun tidak sengaja, maka boleh di¬-tick. Hanya pada base pertama boleh lewat.
  3. Jika ada bola yang berhasil ditangkap dari hasil pukulan, maka si pemukul dinyatakan mati. Para tim pelari masing-masing kembali ke base dengan cepat agar base tidak dibakar oleh penjaga.
  4. Pelari yang kembali dapat dimatikan dan pelari yang sudah berhasil dimatikan, tidak dapat melanjutkan perjalanannya. Akan ada wasit yang menentukan dan mengamati hal ini.
  5. Jika pemukul dapat kembali ke home base dengan selamat secar langsung, maka ia akan mendapatan nilai 6 dan setiap base lawan mendapatkan nilai satu.
  Jumlah Pemain Softball dan Peraturan Permainan Lengkap Dengan Penjelasannya

Batter (Pemukul) Dikatakan Mati, Jika:

  1. Pemain pemukul tidak dapat memukul bola sebanyak tiga kali dan catcher dapat menangkap bola yang dilempar oleh Pitcher sebelum bola jatuh ke tanah.
  2. Catch Ball atau Fly Out terjadi apabila bola yang dipukul dapat ditangkap oleh tim penjaga sebelum bola menyentuh tanah. Nah, jika terjadi Fly Out, maka pelari tidak boleh berlari ke base selanjutnya. Apabila tetap berlari, maka pelari dinyatakan Out.
  3. Pemukul tidak menginjak base, maka boleh di-tick.• C

Cara Mematikan atau Tukar tempat

Mematikan lawan dapat dilakukan dengan cara melakukan tick pada pelari, sebelum pelari menginjak base. Pada saat melakukan tick, bola tidak boleh dilepaskan atau terlepas dari tangan.

Kecuali, dalam keadaan lari, cukup dengan membakar base, yang dilakukan dengan cara menginjak base yang dituju pelari, sambil memegang bola. Sementara, bertuka tempat dilakukan setelah tim penjaga tiga kali mati.

Itulah tadi peraturan permainan Softball singkat yang bisa dijadikan referensi untuk pemain awam dalam melakukan permainan Softball.

Peraturan Permainan Softball

Leave a Comment